1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

4 Tips memilih apel segar dengan kualitas baik di pasar

Ingin cermat memilih apel segar dengan kualitas baik? Ini tips tepat buatmu!

© fullhdpictures.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 03 Agustus 2016 11:57

Merdeka.com, Malang - Layaknya pengetahuan umum, Malang dikenal sebagai daerah penghasil apel, sehingga tak jarang disebut sebagai Kota Apel. Julukan ini muncul dengan alasan yang cukup kuat tentunya. Produksi buah apel di Malang memang cukup melimpah, terutama di area Kota Batu, dan Poncokusumo, kabupaten Malang.

Produksi yang melimpah ini, secara tak langsung mendorong munculnya beragam industri pangan yang mengandalkan apel sebagai bahan baku utama, seperi keripik, sari apel, manisan dan sederetan makanan lainnya.

Meskipun olahan apel bisa ditemukan dengan mudah di Malang, tak jarang orang lebih memilih menikmati apel segar khas Malang. Hanya saja, melimpahnya produksi apel segar membuat kamu harus lebih cerdas memilih kualitas apel yang baik. Nah, untuk memudahkan kamu membedakannya, berikut sederetan tips yang bisa digunakan untuk memilih kualitas apel yang baik.

1. Periksa kekerasan apel
Tekan-tekan dengan lembut buah apel yang dipilih. Jika semua bagian apel terasa keras, maka apel memiliki kualitas yang baik di dalamnya. Hindari apel yang terasa lembut, berubah warna atau melepuh dengan cepat saat ditekan.

2. Memeriksa tampilan apel
Setelah memeriksa kekerasa apel, penting pula untuk memperhatikan penampilan apel. Beberapa tanda pada buah apel seperti bintik-bintik hitam yang berasal dari alam tak berpengaruh pada apel. Hindari apel dengan memar, karena itu merupakan tanda pembusukan.

3. Sekilas warna apel
Meskipun warna apel bukanlah indikator utama untuk mendapatkan kualitas apel yang baik, namun cara ini juga cukup efektif. Misalnya varietas apel merah, pilihlah warna yang gelap. Pasalnya, warna gelap menandakan apel telah menyerap banyak sinar matahari dan membuat rasanya lebih enak.

4. Menghidu aroma apel
Apel segar dengan kualitas yang baik memiliki aroma yang kuat. Aroma yang dikeluarkan apel terbilang menyenangkan dan kuat.

Cara yang mudah untuk mendapatkan apel dengan kualitas yang baik, bukan? Selamat mencoba!

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Belanja
  2. Tips
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA