1. MALANG
  2. PROFIL

Vladimir Putin terpukau dengan inovasi buatan dokter asal Malang

Dokter muda asal Malang, Gamal Albinsaid yang terkenal dengan inovasi asuransi sampah berhasil memukau Vladimir Putin dengan berbagai temuannya.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 26 Oktober 2017 14:09

Merdeka.com, Malang - Berbagai prestasi terus ditorehkan oleh dokter muda asal Malang, Gamal Albinsaid. Setelah memboyong berbagai penghargaan internasional pada beberapa tahun terakhir berkat inovasi asuransi sampahnya, terbaru Gamal berhasil memukau Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Pertemuan antara Gamal dengan Vladimir Putin ini terjadi pada 15 Oktober 2017 lalu ketika dia ditunjuk sebagai salah satu pembicara pada 19th World Festival of Youth and Students yang digelar di Sochi, Rusia. Pada acara ini, hadir juga Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Dalam acara ini sendiri, Gamal mencadi pembicara dan memberikan inspirasi di hadapan 25.000 peserta dari 150 negara. Pada acara tersebut Gamal memberikan inspirasi kepada pemuda untuk berkarya menyelesaikan masalah di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Gamal juga melakukan diskusi dengan Putin. Dia menjelaskan mengenai berbagai inovasi yang dilakukannya termasuk menjelaskan mengenai asuransi sampah yang didirikannya untuk membantu masyarakat miskin mendapat pengobatan yang memadai.

"Dengan konsep ini, kita dapat memecahkan dua masalah dalam waktu yang sama. Tanpa konsep ini, orang miskin biasanya berpikir bahwa sampah itu tidak berguna dan kesehatan mahal harganya. Sekarang mereka dapat datang ke klinik kami secara gratis dan membayar dengan sampah tiap bulannya" jelas Gamal.

"Jadi konsep ini membantu dalam menyediakan pembiayaan dan juga membantu orang miskin dalam memperoleh akses kesehatan," sambungnya.

Selain mengenai asuransi sampah ini, Gamal juga menjelaskan inovasi terbarunya yaitu Homedika. Homedika sendiri direncanakan dapat membuat seorang dokter dikirim langsung ke rumah pasien ketika mereka sakit. Inovasi ini berupa aplikasi dan menggunakan sistem yang memungkinkan orang miskin mendapat pengobatan secara gratis dan hanya membayar jika pasien cukup berada.

Terkait beberapa terobosan dan inovasi yang dilakukan Gamal ini, Putin memberikan apresiasinya. Dia menyebut bahwa hal yang dilakukan oleh Gamal ini merupakan perbuatan mulia.

Putin juga menjelaskan bahwa negara perlu ikut serta dalam menyediakan akses kesehatan yang memadai bagi warganya. Dia juga menyebut bahwa tak ada hal lain yang lebih berharga dibanding kesehatan.

"Negara harus menginvestasikan sumber dayanya pada dua bidang terpenting, yaitu kesehatan dan tentu saja pendidikan. Terkait mana yang lebih penting antara kesehatan dan pendidikan, menjawabnya bukanlah hal yang mudah. Nyawa manusia tidak ternilai harganya dan perawatan kesehatan adalah hal yang lebih penting dibanding hal lainnya," jelas Putin.

Apresiasi yang tinggi terhadap pelayanan kesehatan inilah yang membuat Putin memuji apa yang telah dilakukan Gamal. Bahkan dia juga berterimakasih terhadap hal yang dilakukan Gamal.

"Secara keseluruhan, ide dan hal yang Anda lakukan pantas mendapat dukungan dan penghormatan. Terima kasih untuk hal ini," tandas Putin.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Inspiratif
  2. Kesehatan
  3. Tokoh Muda
  4. Ngalam Kipa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA