1. MALANG
  2. PARIWISATA

Mengintip koleksi tak biasa di Museum Kesehatan Jiwa Lawang

Museum ini simpan sederetan koleksi tak biasa sejak jaman Belanda, penasaran?

© jelajahmalangku.blogspot.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 23 Juli 2016 00:37

Merdeka.com, Malang - Memang ada yang beda dari museum yang satu ini. Layaknya nama yang digunakan, Museum Kesehatan Jiwa Dr Radjiman Wediodiningrat menyajikan sederetan benda-benda dan dokumen kuno yang berkaitan dengan perjalanan sejarah Rumah Sakit Jiwa tersebut.

Penting untuk diketahui, museum yang masih berada satu area dengan Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat ini, merupakan satu-satunya museum kesehatan jiwa di Indonesia. Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat ini sendiri merupakan salah satu rumah sakit jiwa tertua di Indonesia, mengingat usianya yang kini telah menginjak angka 107. Berdirinya museum ini diharapkan menjadi wahana pembelajaran sekaligus saksi sejarah perkembangan teknologi kedokteran di bidang kesehatan jiwa.

Menengok pada deretan koleksi tak biasanya, kamu bisa mengetahui sejarah Rumah Sakit Jiwa dr. Rajiman Wediodiningrat melalui sederetan dokumen dan benda-benda tua yang terpajang rapi di dalamnya. Mengingat kondisi ruangan yang tak begitu luas, hanya terdapat sekitar 700 koleksi yang bisa terpajang di museum ini.

Beberapa benda di antara deretan koleksi museum ini bahkan terkesan sadis untuk digunakan pada manusia. Nah, buat kamu yang ingin melihat koleksi museum lebih dekat, kamu bisa langsung menuju Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr.Radjiman Wediodiningrat atau yang lebih dikenal dengan RSJ Sumber Porong.

Alamat: Jl.Jend. Ahmad Yani, Lawang, kabupaten Malang
Jam buka: Senin-Jumat, 08.00-15.00 wib
Tiket masuk: gratis

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kesehatan
  2. Pendidikan
  3. Wisata Sejarah
  4. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA