1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Wali Kota Malang dinobatkan jadi Kepala Daerah Inovatif 2017

Wali Kota Malang, Mochammad Anton, dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif 2017 untuk kategori Ekonomi dan Investasi oleh Koran Sindo.

Wali Kota Malang menerima Penghargaan KDI 2017. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 02 Agustus 2017 14:21

Merdeka.com, Malang - Wali Kota Malang, Mochammad Anton, dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif 2017 untuk kategori Ekonomi dan Investasi oleh Koran Sindo. Penganugerahan berlangsung dalam ajang KDI 2017 di The Westin Hotel Jakarta, Selasa (1/8) malam.

Abah Anton, demikian biasa dipanggil, menerima trofi penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dan Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

"Penghargaan ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi daerah lain untuk terus berinovasi. Lewat penghargaan ini dapat kita ketahui kepala daerah mana saja yang telah berhasil berinovasi dan mampu mengelola potensi daerahnya," kata Abah Anton dalam keterangan persnya, Selasa (2/8).

Gerakan inovatif kampung-kampung tematik yang tumbuh di Kota Malang mengantarkan Wali Kota Anton masuk dalam daftar urutan Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2017. Gerakan tersebut sebagai bentuk pembangunan yang dilaksanakan atas inisiatif masyarakat.

 

Ke depan, lanjut Abah Anton, kampung konservasi air diharapkan juga mampu memberikan motivasi bagi daerah lain, sebagai wujud kecintaan pada lingkungan hidup.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyatakan, kepala daerah memiliki diskresi kewenangan untuk mengembangkan program inovasi daerah sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakat di daerah.

"Karena itu program inovasi juga harus sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakat di daerah. Sehingga Kementerian Dalam Negeri juga akan selalu mendorong kepala daerah agar terus berinisial," tegas Tjahjo.

Sementara Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo menjelaskan, KDI merupakan apresiasi atas berbagai keberhasilan kepala daerah dalam mengelola dan menggarap potensi daerahnya. Sehingga memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan.

"Saya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi penyemangat para kepala daerah dalam mempertahankan prestasi serta dapat menjadi pemicu bagi kepala daerah lainnya agar dapat membuat terobosan dan inovasi cerdas untuk memajukan wilayahnya masing-masing," jelasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Abah Anton
  2. Info Kota
  3. Ngalam Kipa
  4. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA