1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Suntik vaksin MR di Kota Malang sasar ratusan ribu anak

Dinas Kesehatan Kota Malang menyasar 207.984 anak usia 9 bulan hingga 15 tahun untuk mendapat suntik vaksin Measles Rubella (MR).

Ilustrasi Vaksin. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 02 Agustus 2017 15:43

Merdeka.com, Malang - Suntik vaksin Measles Rubella (MR) mulai dilakukan di Kota Malang. Sasarannya adalah anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, sejumlah 207.984 di wilayah setempat. Program imunisasi ini digelar mulai Agustus hingga September mendatang.

Dilansir Antara Jatim, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Asih Tri Rachmi Nuswantari menyampaikan, pihaknya melibatkan 16 puskesmas dan rumah sakit untuk memberikan vaksin MR. Selain itu, Dinkes pun turut melibatkan seluruh sekolah di Kota Malang dalam pelaksanaan program nasional tersebut.

"Kalau untuk anak-anak yang akan divaksin, kami melibatkan seluruh sekolah. Kami upayakan bisa menyasar semua untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, mulai dari lembaga PAUD, TK, SD, dan SMP, baik negeri maupun swasta. Oleh karena itu, vaksin ini sangat dibutuhkan," papar Asih.

Lebih lanjut Asih menjelaskan, data Dinkes hingga Juli 2017 menunjukkan, terdapat 33 anak penderita campak (measles) yang tersebar di 16 kelurahan di Kota Malang. Kendati demikian, kasus campak di Kota Malang tidak terkena kejadian luar biasa (KLB).

Asih mengungkapkan, vaksin MR wajib dilakukan bagi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Vaksin MR ini mencegah tubuh terjangkit penyakit campak. Measles sendiri merupakan virus yang menyebabkan penyakit campak, sedangkan Rubella merupakan virus penyebab penyakit campak Jerman.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Kesehatan
  3. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA