1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sutiaji imbau ASN Kota Malang belanja di pasar tradisional

Sutiaji berpendapat, di pasar tradisional banyak transaksi dan barter antara penjual dan pembeli, sehingga masing-masing pihak memperoleh keuntun

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 10 Agustus 2018 13:26

Merdeka.com, Malang - Wali Kota Malang (plt) Sutiaji mengajak masyarakat terus melestarikan pasar tradisional. Tidak lupa mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk berbelanja di pasar tradisional.

"Pasar tradisional merupakan basis perekonomian masyarakat yang turut memperkuat perekonomian bangsa kita; karena di pasar tradisional perputaran uang di nilai sangat tinggi" ujar Sutiaji dalam talkshow di Pasar Oro-Oro Dowo Malang, Kamis (9/8) .

Sutiaji berpendapat, di pasar tradisional banyak transaksi dan barter antara penjual dan pembeli, sehingga masing-masing pihak memperoleh keuntungan. Pasar Tradisional juga salah satu media bertransaksi yang patut dipertahankan.

"Pemerintah daerah akan selalu memfasilitasi serta melestarikan pasar tradisional sebagai salah satu penopang perekonomian bangsa" tegas Sutiaji.

Seiring berjalannya waktu, pasar tradisional juga dituntut memodernkan diri, agar masyarakat nyaman saat berbelaja.

"Pasarnya tetap tradisional, namun manajemen dan pengelolaannya haruslah dibuat modern agar segala transaksi yang ada juga dapat diakses sebagai bentuk keterbukaan informasi publik" tambah Sutiaji.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Malang adalah menerapkan E-Retribusi bagi seluruh pedagang di pasar tradisional. Pasar Buku Wilis, pasar Klojen, pasar Bareng, pasar Kota Lama dan pasar Oro-Oro Dowo adalah beberapa pasar di Kota Malang yang telah melaksanakan program E-Retribusi.

"Ke depan kami berharap agar seluruh pasar di Kota Malang dapat segera melaksanakan program E-Retribusi agar jalannya uang retribusi dapat terarah dan juga menghindari peredaran uang palsu," tandas Sutiaji.

Atas kerjasama dengan BPD Bank Jatim Cabang Malang, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perdagangan Kota Malang akan terus berupaya dan mensosialisasikan program E-Retribusi ini kepada seluruh pedagang di pasar tradisional yang ada di Kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Sutiaji
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA