1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Mendikbud buka LKS SMK XXIV tahun 2016

Mendikbud, Anies Baswedan membuka langsung LKS SMK XXIV tahun 2016 yang diselenggarakan di Malang pada senin (23/5) di Graha Cakrawala UM.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 24 Mei 2016 08:54

Merdeka.com, Malang - Kota Malang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK XXIV tahun 2016. Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai 23 hingga 27 mei 2016 ini dibuka di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) pada senin (23/5).

Pembukaan LKS SMK XXIV ini dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan serta hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf dan Walikota Malang, H. Mochammad Anton. Peserta dari LKS tahun ini adalah 1.152 siswa siswi SMK terbaik di Indonesia yang telah melewati seleksi tingkat provinsi. Tema untuk LKS tahun ini adalah "pengembangan kompetensi siswa beserta ekosistem SMK dalam pembentukan akhlak, sikap dan karakter".

Dalam sambutannya, Anies Baswedan menyampaikan bahwa LKS kali ini diadakan dalam rangka memacu setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja. Pemenang dari LKS ini akan dibina dan dilatih khusus untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia World skill competition sebagai wakil dari Indonesia di Abu Dhabi tahun 2017 mendatang.

Mendikbud hadiri pembukaan LKS
© 2016 merdeka.com/Istimewa

LKS sendiri merupakan ajang bergengsi pembuktian kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap penyerapan dan pengaplikasian pembelajaran di sekolah. Pada LKS kali ini terdapat 52 bidang lomba yang dikompetisikan.

Ada hal yang cukup menarik dalam gelaran LKS SMK XXIV di kota Malang tahun ini. Pada pelaksanaan ini dilakukan program keluarga sebangsa yang membuat para peserta lomba yang berasal dari seluruh Indonesia menginap di rumah-rumah warga di Malang. Program ini baru pertama kali diadakan di LKS XXIV 2016 di Malang,

"Hal ini penting untuk membangun kesadaran mereka, bahwa Indonesia itu memang beragam" ujar Anies.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Event
  2. Info Kota
  3. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA