1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Lansia Kota Malang diminta terus bahagia

Kota Malang berkomitmen menjaga penduduk para lanjut usia (lansia) agar lebih sejahtera dan hidup sehat di sisa usianya.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 15 Agustus 2018 10:04

Merdeka.com, Malang - Kota Malang berkomitmen menjaga penduduk para lanjut usia (lansia) agar lebih sejahtera dan hidup sehat di sisa usianya. Para lansia diharapkan mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai lewat pola hidup sehat dengan secara rutin berolahraga.

"Kota Malang telah memiliki Perda yang mengatur tentang Lansia. Tujuannya agar para Lansia di Kota Malang lebih diperhatikan dan diutamakan di segala bidang pelayanan publik. Ke depan, saya akan menindaklanjuti Perda tersebut menjadi sebuah Perwal," tutur Sutiaji, Walikota Malang (Plt) di Aula Majapahit Rumah Sakit Umum Saiful Anwar (RSSA) Malang, Sabtu (11/8).

Pelayanan kesehatan bagi Lansia, kata Sutiaji, harus diberikan agar saat berobat nantinya tidak merasa dipimpong. Salah satu upaya paling mudah adalah dengan penguatan peran Posyandu Lansia. Selain itu juga didekatkan, lewat layanan Puskesmas di wilayah-wilayah menyebar.

"Kami akan terus memberikan literasi kepada masyarakat agar tidak menempatkan orang tuanya di Panti Jompo. Kami berharap di Kota Malang nantinya tidak ada panti jompo, karena orang tua di saat sudah memasuki usia Lansia merupakan tanggung jawab anak dan keluarganya," tandasnya.

Sutiaji yang juga Ketua Komda Lansia Kota Malang itu berpesan agar para Lansia terus menanamkan rasa bahagia dan penuh semangat dalam menjalani hari-harinya. Karena dengan terus bergembira, bahagia dan bersemangat akan selalu sehat secara lahir maupun bathin.

Kata Sutiaji juga, tingkat harapan hidup di Kota Malang saat ini 72 tahun, sehingga memang tingkat kebahagiaan lansianya terus meningkat.

Sutiaji berkesempatan hadir dan membuka peringatan Hari Lanjut Usia (Halun) 2018 dan Pelantikan Pengurus Pembantu Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Kota Malang masa bhakti 2018-2022. Wali Kota terpilih ini menyampaikan apresiasinya kepada para lansia Kota Malang, terutama peran Yayasan Gerontologi Abiyoso Kota Malang di bawah asuhan Djanggan Sargowo.

Ketua Yayasan Gerontologi Abiyoso Kota Malang, Djanggan Sargowo mengatakan, rangkaian peringatan Hari Lansia dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan lanjut usia.

"Rangkaian acaranya adalah seminar nasional kesehatan lansia, pelantikan pengurus pembantu Yayasan Gerontologi Abiyoso di kecamatan, lomba paduan suara, lomba fashion show, lomba menu makanan sehat lansia, serta bazar produk unggulan dari setiap kecamatan," ujar Djanggan.

Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan simposium yang juga dihadiri Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Sutiaji
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA