1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Ini deretan pantai di Malang selatan yang terkena banjir rob

Banjir rob menerjang sejumlah pantai di Malang Selatan termasuk Tamban, Bale Kambang, dan Kondang Merak.

© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 11 Juni 2016 11:24

Merdeka.com, Malang - Terjangan banjir Rob ke beberapa pantai terutama di selatan pulau Jawa turut merendam beberapa pantai di selatan Kabupaten Malang. Tercatat, banjir rob telah menerpa beberapa pantai yaitu Tamban, Bale kambang dan Kondang Merak.

Tidak hanya pada tiga wilayah tersebut, terdapat beberapa pantai yang juga harus diwaspadai kedatangan banjir rob. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Muji Utomo mengatakan bahwa kini pihaknya terus memantau kondisi beberapa pantai karena kondisi ombak pantai selatan yang sulit diprediksi.

"Perlu diwaspadai pantai-pantai lain. Seperti Ngliyeb, Bale Kambang, Sedang Biru dan Kondang Merak terus dipantau. Masyarakat pinggir pantai diminta lebih waspada," katanya.

Berdasar pantauan PMI, air rob sudah mulai mendekati warung-warung yang terletak di pinggir pantai Bale Kambang. Sedangkan di Kondang Merak, air bahkan sudah sampai ke halaman rumah warga sekitar pantai.

Kondisi paling parah dialami di wilayah sekitar pantai Tamban. Diketahui bahwa air telah merendam 19 rumah di wilayah RT 12 RW 04 Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Sudarsono, Kapala Desa Tambakrejo mengungkapkan bahwa banjir rob merendam 19 rumah warga. Namun air tidak sampai merusak bangunan rumah dan tempat tinggal.

"Air masuk, tapi tidak sampai merusak. Sekitar 19 rumah terendam," kata Sudarsono di Kabupaten Malang, Kamis (19/6).

Dikatakan oleh Sudarsono bahwa saat ini ombak masih dalam kondisi naik turun dan sulit diprediksi. Sesekali gelombang yang datang cukup landai, namun kadang juga menerjang dengan kencang sampai ke rumah warga.

Terjangan air rob memang sudah sering menerjang Dusun Tamban, namun gelombang tahun ini terhitung cukup kencang. Selain 19 rumah warga, air juga merendam kurang lebih 5 hektare kebun singkong.

"Tahun kemarin banjir rob juga melanda Dusun Tamban, dan sekarang gelombang rob lebih tinggi, tapi tidak ada rumah warga yang rusak," ujarnya.

Karena cukup besarnya banjir rob tahun ini, warga telah menyiapkan antisipasi agar rumah mereka tidak terendam. Warga bergotong royong membangun tanggul di bibir pantai, namun sayangnya karena plengsengan kurang tinggi, gelombang rob masih menerjang hingga rumah warga.

Serangan banjir rob yang terjadi saat ini terhitung cukup parah dan berimbas pada beberapa kondisi pantai di Malang selatan seperti Tamban, Bale Kambang, dan Kondang Merak.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Peristiwa
  2. pantai
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA