1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Ingin kembangkan kuliner, kota Malang butuh tingkatkan inovasi

Pemerhati Kuliner Kota Malang, Tri Agung Budi Prasetya sebut kuliner kota Malang harus terus ditingkatkan pada sisi inovasi.

Festival Kuliner Kota Malang 2017. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Minggu, 09 April 2017 13:07

Merdeka.com, Malang - Kuliner Kota Malang harus terus dikembangkan dan berinovasi agar lebih dikenal secara nasional, bahkan internasional. Jika kreativitas industri kulinernya berkembang maka niscaya akan menjadi barometer kuliner nasional.

Pemerhati Kuliner Kota Malang, Tri Agung Budi Prasetya menyampaikan, kota Malang memiliki banyak produk kuliner yang sudah populer, bahkan go internasional. Tetapi memang harus terus ditingkatkan pada sisi inovasi untuk lebih banyak lagi produk lain yang bisa diperkenalkan.

"Jika terus ditingkatkan inovasi dan perkembangannya diharapkan kuliner kota Malang dapat menjadi barometer kuliner nasional," Tri Agung, yang juga Ketua AKI (Asosiasi Kuliner Indonesia), Sabtu (8/4).

Kota Malang menggelar Festival Kuliner, Sabtu (8/4) di halaman depan Balaikota dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-103 Kota Malang. Ratusan stand menyajikan menu kuliner andalan dari UMKM.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, pihaknya mendukung masyarakat agar terus menciptakan inovasi kuliner. Pihaknya juga mengajak masyarakat mempopulerkan aneka produk kuliner kota Malang di kancah nasional dan internasional.

"Agar masyarakat nasional juga jauh lebih mengenal kuliner asli kota Malang," tegasnya.

Festival Kuliner Kota Malang 2017
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Dewi Farida Suryani saat membuka acara mengatakan, kuliner telah berkembang menjadi salah satu bentuk wisata khusus yang disebut wisata makanan atau food tourism. Karena itu perlu diambil langkah-langkah untuk terus melestarikan kuliner lokal agar makanan khas tidak tertinggal.

Sebaliknya, akan semakin maju dan berkembang dengan signifikan. Sehingga bisa menguntungkan secara ekonomi, mendatangkan penghasilan yang mengangkat harkat ekonomi rumah tangga.

"Saya sangat mengapresiasi positif atas diselenggarakannya festival kuliner Kota Malang. Acara ini sebagai ajang representasi kuliner dari berbagai wilayah di Kota Malang," katanya.

Dari kota Malang, katanya disajikan untuk khalayak luas, nasional dan internasional agar kuliner kota Malang yang lahir dari kemampuan asli bangsa Indonesia sejajar dengan berbagai kuliner dunia.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kuliner
  2. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA