1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Gus Ipul minta masyarakat selektif dalam menyikapi setiap informasi

Berita hoax bertebaran, Gus Ipul minta masyarakat pandai memilih dan selektif dalam menyikapi setiap informasi yang diterima.

Syaifullah Yusuf. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 13 September 2017 15:07

Merdeka.com, Malang - Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibuka Wakil Gubernur Jawa Timur, Selasa (12/9). Sebanyak 46 kelompok dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur menjadi pesertanya. Pekan KIM berlangsung 12-16 September dipusatkan di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, kabupaten Pasuruan.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf dalam sambutannya berpesan agar masyarakat memilih dan memilah setiap informasi. Karena di era zaman teknologi informasi serba canggih, banyak berita palsu (hoax) yang mengatasnamakan pihak tertentu bertebaran.

"Karena itu harus pandai memilih dan selektif dalam menyikapi setiap informasi yang diterima," kata Syaifullah Yusuf, Selasa (12/9).

Gus Ipul, demikian biasa dipanggil, saat telekonferensi dengan KIM Tlogomas yang mewakili kota Malang, menyampaikan apresiasi atas makin maraknya kampung tematik.

Gus Ipul juga berterima kasih karena KIM Tlogomas telah membantu memberdayakan masyarakat lewat berbagai informasinya. Sehingga, masyarakat lebih mengerti dan bertindak tegas setiap mendapatkan informasi.

"Semuanya pokoknya harus 'DUIT' yang artinya perbanyak Doa dan Usaha, gunakan Ilmu dan Tawakkal pada Allah, "tegasnya disambut tawa.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Eddy Santoso mengatakan, KIM diharapkan dapat mendorong masyarakat informatif untuk dapat memilah informasi yang baik dan benar.

"Sehingga dapat menjadikan masyarakat informatif yang mampu memilah informasi secara baik dan benar," katanya.

Lewat Pekan KIM Jawa Timur bertema 'Revitalisasi Peran KIM Sebagai Media Jurnalisme Warga Menuju Masyarakat Informasi', masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif dalam menyukseskannya. Masyarakat dapat bersinergi menjadi bagian dari serangkaian agenda yang diselenggarakan selama sepekan.

Serangkaian agenda disiapkan selama sepekan, yakni Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (11/9), Pameran Produk Unggulan (12-16 September), Festival Pertunjukan Rakyat (12-15 September), Sarasehan KIM (13 September), Lomba Mewarnai (13 September), Workshop TIK (14 September), Lomba Blog (14 September), Lomba Foto On The Spot dan Foto Off The Spot (12-15 September), dan Field Trip Destinasi Wisata Kabupaten Pasuruan (14 September).

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Sosial
  2. Gus Ipul
  3. Saifullah Yusuf
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA