1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Gus Ipul minta NU dan Muhammadiyah bantu upaya deradikalisasi

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mendukung kerja aparat keamanan terkait penangkapan terduga teroris di Kabupaten Malang.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 20 Juni 2017 15:04

Merdeka.com, Malang - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mendukung kerja aparat keamanan terkait penangkapan terduga teroris di Kabupaten Malang. Dia juga mendorong masyarakat untuk ambil bagian dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.

"Saya berharap masyarakat bisa memberi informasi-informasi yang terjadi di sekitarnya. Jawa Timur disebut-sebut sebagai daerah yang perlu mendapat perhatian. Kita diberi masukan dan informasi oleh Densus 88 dan Kepolisian," kata Saifullah Yusuf di Malang, Senin (19/6).

Kata Gus Ipul, ada beberapa pihak yang terus diamati dan ditempel petugas keamanan. Hingga saat ini aparat terus bekerja untuk membawa Jawa Timur kondusif.

"Kita minta Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan tokoh-tokoh masyarakat turut membantu upaya deradikalisasi. Saya juga minta masyarakat tidak ikut-ikutan dengan Islam yang tidak cocok dengan Indonesia," katanya.

Diberitakan sebelumnya, terduga teroris atas nama Syahrul Munif (35) diamankan oleh Tim Densus 88 Antiteror Senin (19/6) sekitar pukul 08.30 WIB. Ia diamankan sekitar 20 meter dari tempat kosnya, Jalan Wijaya 11 A, Desa Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Syahrul Munif tercatat lahir di Jember, 9 Juli 1982 tercatat sebagai warga Perum Bumi Mondoroko Raya AJ - 69 Rt. 4/13 Desa Watugede Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Syahrul Munif merupakan jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah) yang berhubungan dengan Helmi Alamudi (Yayasan Mega Mendung Pisang Candi), Abdul Hakim (Embong Arab) dan Junaidi (Bumiayu) yang ketiga orang tersebut sudah diamankan Densus 88.

Syahrul diamankan di Markas Komando Brimob Batalyon B Malang dan selanjutnya akan dibawa ke Jakarta.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Gus Ipul
  3. Terorisme
  4. Saifullah Yusuf
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA