1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Aksi mahasiswa baru UMM bentuk formasi peta Indonesia dan doa untuk Lombok

Sebanyak 7.500 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkumpul dan membentuk formasi bertema kebangsaan

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Senin, 03 September 2018 11:34

Merdeka.com, Malang - Sebanyak 7.500 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkumpul dan membentuk formasi bertema kebangsaan. Antara lain merah-putih, wajah KH Ahmad Dahlan, Logo UMM, Students Today Leaders Tomorrow, Peta Indonesia dan yang istimewa Pray for Lombok. Semangat generasi muda peduli bangsa pun menggema di Heliped Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Minggu, (2/9).

Rektor UMM Fauzan menyampaikan, jas merah Mob ini menjadi salah satu media untuk meneguhkan kembali semangat para generasi muda, khususnya mahasiswa baru UMM agar memiliki komitmen terhadap nilai-nilai kebangsaan. Karenanya, tema yang ditampilkan mengusung suasana kebangsaan.

"Jadi bukan sekedar memberitahukan identitas UMM, tapi juga menegaskan bahwa UMM harus menjadi bagian dari masyarakat yang bertanggung jawab atas keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya, Minggu (2/9).

Menguraikan keistimewaan salah satu formasi yakni UMM for Lombok, Fauzan menjelaskan, ini menjadi bentuk empati UMM terhadap bencana gempa yang terjadi di Lombok. Melalui Jas Merah Mob tersebut UMM memvisualisasikan kepedulian, disamping juga mengirimkan tenaga dan bantuan dalam bentuk lain ke sana.

"Kita harus mengingatkan kepada masyarakat luas, bahwa apa yang terjadi di Lombok itu tidak boleh hanya dirasakan oleh mereka yang ada di sana saja, tetapi yang lain juga harus ikut merasakan, termasuk generasi baru yang juga harus kita perkenalkan empati," katanya.

Pesmaba UMM dilaksankan Senin-Kamis (3-6/9). Ini menjadi wadah untuk penciptaan psikologis mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dengan dunia kampus. Melalui Pesmaba diharapkan proses adaptasi mahasiswa dalam masa transisi berlangsung lebih cepat.

Jas Merah Mob UMM
© 2018 merdeka.com/Istimewa

"Karena seperti kita tahu mereka ini kan anak-anak SMA, yang berbeda culture dengan mahasiswa. Dalam rangka menjembatani itu, maka Pesmaba adalah jawabnnya. Pesmaba ini isinya pengenalan, mulai fasilitas, studi, infrastruktur yang mendukung, termasuk juga bagaimana nanti ketika dia menjadi mahasiswa UMM," papar Fauzan.

Pada Pra Pesmaba hari ini, Fauzan menyampaikan harapannya kepada para peserta dan panitia agar pelaksanaan Pesmaba dapat berlangsung menyenangkan. Tak lupa ia pun mengingatkan para mahasiswa baru untuk mulai membangun visi dan mimpi untuk mencapai cita-cita masing-masing. Bukan hanya itu, semangat berkompetisi juga ditegaskannya agar dapat selalu hidup didalam diri para mahasiswa.

Selain jas merah Mob yang membentuk berbagai formasi istimewa tersebut, pada Pra Pesmaba ini para mahasiswa baru juga meneriakkan yel-yel selama pembentukan formasi, yang berbunyi Satu Nusa Satu Bangsa Indonesia dan Al-Islam Agamaku, Muhammadiyah Gerakanku.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kampus
  2. Universitas Muhammadiyah Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA