1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Inovasi sepatu anti bau antar mahasiswa UMM ke forum entrepreneurship ASEAN

Deva Ayunda, mahasiswa UMM meraih Fully Funded ASEAN Young Entrepreneurs Forum Comparative Study 2018.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 14 Agustus 2018 08:00

Merdeka.com, Malang - Deva Ayunda, mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih Fully Funded ASEAN Young Entrepreneurs Forum Comparative Study 2018 berkat ide yang cukup sederhana. Dia membuat inovasi baru yang cukup sederhana namun sangat berguna berupa sepatu anti bau.

Kompetisi ini merupakan rangkaian acara dari agenda besar International Business Plan Competition (IBPS) 2018 yang diselenggarakan Edconex Internasional dan studentbackpaker.com. Ini merupakan sebuah platform yang mewadahi anak-anak muda guna menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan.

"Saya membuat sepatu dengan gel pewangi otomatis menggunakan bisnis model canvas yang saya beri nama NextOne Shoes dengan target pasar mahasiswa dan pekerja," tutur perempuan yang hobi membaca dan menulis tersebut dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/8).

Bisnis Model Canvas adalah model bisnis yg terdiri dari 9 blok area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang.

Sementara itu, nama NextOne berarti generasi selanjutnya. Deva berusaha mendesain produknya sedemikian rupa dan menyesuaikan bisnis tersebut dengan anak muda zaman sekarang yang cenderung menyukai hal-hal baru dan unik.

"Gel itu dibuat dari lidah buaya dan baking soda, kemudian diberi aroma lavender dan diformulasikan untuk kemudian diletakkan di ujung sepatu," paparnya.

Lolos pada kompetisi ini, Deva selanjutnya akan berkesempatan untuk mempresentasikan gagasannya tersebut di Nanyang Technological University (NTU) Singapura dan melakukan riset marketing di Malaysia tanggal 25-28 Agustus nanti.

"Konten acara international class dilaksanakan di Nanyang Technological University yang merupakan universitas terbaik nomor 1 di Asia dan market research di dua negara, juga ada city tour di dua negara. Kegiatan ini diharapkan mampu membuat peserta menjadi seorang enterpreneur berwawasan global sehingga mampu bersaing di kancah internasional," tambahnya.

Diakhir Deva memaparkan, pemenang di ASEAN Young Entrepreneurs Forum Comparative Study 2018 akan mendapatkan hadiah berupa medali emas dan dana sebesar 250 Dollar Singapura. Deva pun berharap, setelah rangkaian acara ini, dengan bekal yang didapatnya bisnisnya bisa terealisasi dan makin menguat. Saat ini ia pun mempersiapkan presentasi terbaiknya untuk ditampilkan akhir bulan nanti.

"Saat ini saya sedang mengerjakan proposal sambil mencoba untuk merealisasikan gagasan tersebut, jadi nanti ketika presentasi saya akan membawa produknya juga," pungkas Deva.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kampus
  2. Teknologi
  3. Universitas Muhammadiyah Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA