1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

3 Bangunan megah terbengkalai berselimut misteri

Terbengkalai lama, 3 bangunan megah ini punya rumor horor yang melegenda. Penasaran?

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 17 November 2016 19:09

Merdeka.com, Malang - Sudah menjadi rahasia umum, jika rumor-rumor tentang hantu seringkali menyelimuti beberapa tempat yang dianggap angker. Sebut saja, gedung sekolah atau kampus tua, jembatan, kuburan, dan bangunan terbengkalai. Rumor seputaran kisah horor itu pun juga terdengar di Malang.

Beberapa tempat di Malang cukup populer dengan kisah angkernya, salah satunya adalah bangunan-bangunan megah yang terbengkalai. Melegenda dengan aura horor, tiga bangunan megah yang terbengkalai ini cukup terkenal sebagai bangunan angker. Penasaran?

1. Hantu balkon di Wisma Erni
Wisma yang satu ini memang cukup populer. Bangunan yang terlihat cukup mencolok di seputaran jalan raya Malang-Surabaya ini memang selalu mengundang rasa penasaran. Terlihat jelas bahwa bangunan ini dahulunya memiliki bentuk yang elok dan megah. Sayangnya, kemegahan bangunan ini terabaikan, sehingga kini hanya terlihat bangunan tak terurus yang hampir rusak.

Kisah horor yang menyelimuti bangunan ini pun menjadi sesuatu yang selalu diburu. Konon, Erni, sang pemilik rumah megah tersebut tewas dibantai bersama dengan para pekerjanya. Tak heran, jika banyak kisah horor yang beredar terkait dengan wisma tersebut.

Rumor menyebutkan, arwah sang pemilik sering menampakkan diri di balkon lantai dua wisma tersebut. Tak sedikit orang yang mencoba membuktikan rumor tersebut. Tak sedikit pula di antara mereka yang menceritakan tentang suasana mencekam yang terasa di rumah megah yang terbengkalai tersebut.

2. Hantu noni Belanda di Wisma Tumapel
Wisma Tumapela dalah salah satu bangunan tua dengan gaya arsitektur yang apik. Berdiri sejak 1928, Wisma Tumapel pada masa itu dikenal dengan nama hotel Splendit. Hotel ini tergolong mewah pada masanya. Terletak dekat dengan balaikota Malang membuatnya ramai didatangi tamu pemerintahan. Tak hanya itu, bangunan yang menghadap ke bantaran sungai Brantas menjadi pesona tersendiri dari bangunan ini.

Kini, kemewahan tersebut tinggallah kenangan. Hotel Splendit yang kini lebih akrab dengan nama Wisma Tumapel ini lebih dikenal dengan kisah horor. Penampakan hantu noni Belanda di sekitaran bangunan, adalah kisah yang paling melegenda seantero Malang.

Konon, hantu noni Belanda sering menampakkan diri dengan berjalan-jalan di lorong-lorong bangunan. Keberadaan hantu noni Belanda seringkali mengundang rasa penasaran banyak orang. Tak heran, jika banyak orang yang berkunjung ke wisma ini, hanya untuk membuktikan rumor tersebut.

Adanya beberapa ruangan yang masih terkunci rapat dalam wisma, seolah mengentalkan bumbu misteri yang menyelimutinya. Demikian halnya dengan keberadaan makam yang terletak persis di sebelah bangunan ini.

3. Arwah korban pembantaian di Hotel Lembah Dieng
Bangunan besar tak terurus di area Taman Wisata Lembah Dieng, kota Malang ini memang selalu mengundang rasa penasaran. Bangunan ini dibangun tahun 1980an, namun terhenti dengan alasan yang belum diketahui.

Pembangunan yang terhenti berimbas pada kondisi bangunan yang tak terurus. Lambat laun, berbagai rumor tentang penampakan hantu pun mulai menyelimuti bangunan mangkrak ini.

Lokasinya yang terpencil dan dikelilingi banyak pohon, seolah mengentalkan rumor hantu di bangunan ini. Terlebih, bangunan ini terletak dekat bukit yang dahulunya menjadi tempat pembantaian PKI (sekitar 1965-1966). Rumor mengisahkan, suara teriakan dan rintihan minta tolong seringkali terdengar dari bangunan, terutama pada malam hari. Konon, itu adalah suara arwah korban pembantaian tersebut.

Begitulah rumor angker legendaris seputaran tiga bangunan mewah tak terurus tersebut. Meskipun begitu, kebenaran rumor tersebut masih belum dibuktikan secara pasti.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Mistis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA