1. MALANG
  2. PARIWISATA

Memacu adrenalin dengan menyusuri Goa Coban Perawan, berani coba?

Jiwa petualang wajib coba, ini goa yang masih jarang terjamah dengan berbagai tantangan seru yang tersimpan di dalamnya.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 16 Juni 2016 16:17

Merdeka.com, Malang - Malang memang selalu memberikan kejutan dengan berbagai jenis keindahan alam yang mulai terungkap secara perlahan. Salah satunya adalah Goa Coban Perawan. Goa yang masih belum banyak dijamah wisatawan ini terletak di antara perbatasan dusun Bajulmati dan dusun Umbulrejo, kecamatan Gedangan. Berangkat dari Kota Malang, kamu harus menempuh jarak sekitar 75km dengan melalui rute Kota Malang-Turen-Sendang Biru-Bajulmati.

Sejarah Penamaan Goa Coba Perawan
Goa ini pada mulanya dikenal dengan nama Goa Coban. Namun, adanya Goa ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang berbentuk unik, akhirnya muncullah kata Perawan di belakang nama Goa Coban, dan hingga kini dikenal dengan nama Goa Coban Perawan.

Sebenarnya, keberadaan Goa ini telah diketahui semenjak puluhan tahun silam, hanya saja belum banyak orang yang berkunjung dan mempromosikannya sebagai lokasi wisata. Hingga akhirnya, sebuah tim ekspedisi yang menjelajahi Goa ini, dan berhasil memancing kedatangan beberapa wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara.

Tentang Kondisi Goa
Goa Coban Perawan memiliki panjang 200 meter. Kondisi Goa masih terjal dan penuh dengan bebatuan, sehingga diperlukan konsentrasi yang tinggi untuk melewatinya. Goa ini juga merupakan jalur sungai Coban Perawan, sehingga tak heran jika sepanjang Goa masih terdapat air yang sungai yang mengalir atau bahkan menggenang.

Penjelajahan Goa
Sebelum melakukan penjelajahan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan diri menggunakan peralatan perlindungan yang lengkap. Peralatan yang dibutuhkan antara lain helm, pelampung standart, dan sepatu.

Kamu bisa mendapatkan peralatan ini bisa di dapat saat membayar tiket masuk sebesar Rp 100.000 per orang. Dengan membayar tiket seharga tersebut, kamu berhak mendapatkan fasilitas berupa peralatan penjelajahan lengkan, pemandu wisata dan es kelapa muda segar.

Setelah menggunakan alat pelindung lengkap, kamu akan dituntun untuk melewati Goa Jenggot. Setelah melewati Goa Jenggot, barulah kamu akan bertemu dengan Goa Coban Perawan. Mengingat kondisi goa yang masih terjal dan dialiri sungai, maka konsentrasi dan perhatian penuh harus kamu berikan selama perjalanan. Tak jarang, di beberapa titik dalam Goa kamu akan menemukan air dengan kedalaman mencapai 2 meter.


Buat kamu yang tak bisa berenang, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, pemandu wisata akan terus mendampingi dan memudahkanmu menyusuri goa tersebut. Setelah melewati tantangan goa ini, kehadiranmu akan disambut oleh keberadaan sumur jernih yang cukup dalam. Tentunya, kamu bisa berendam sesukanya di sumur ini. Tepatnya, sumur ini terletak dalam Goa Kelenteng, sebagai goa terakhir jalur penjelajahan Goa Coban Perawan.

Nah, agar kamu lebih memahami lokasi penjelajahan Goa Coban Perawan, saksikan dulu video dari Tim Amazing Malang, berikut ini. 

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Wisata Alam
  2. Zona Turis
  3. pantai
  4. Kabupaten Malang
  5. Jelajah Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA