1. MALANG
  2. KULINER

Soto Basket, lezat dan menghangatkan perut sejak 1950-an

Soto Basket memiliki nama yang cukup unik dan sejarah yang cukup panjang terkait kelezatan rasa makanannya.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 06 Mei 2017 00:05

Merdeka.com, Malang - Kota Malang memiliki berbagai makanan dengan nama-nama yang cukup unik. Sebut saja sedikit diantaranya adalah nasi bhuk serta sego resek. Di dunia soto sendiri, kota Malang juga memiliki warung yang bernama unik yaitu Soto Basket.

Warung ini tidak hanya mengandalkan keunikan nama yang mereka miliki saja untuk menarik pelanggan. Pasalnya, kelezatan dari soto yang dimilikinya telah membuat warung yang berdiri sejak tahun 1950-an ini mampu bertahan selama puluhan tahun.

Warung Soto Basket sendiri memiliki beberapa tempat di kota Malang, dua yang paling mudah ditemui dan terkenal adalah di jalan Majapahit dan di wilayah Pecinan. Nama 'basket' sebagai embel-embel sendiri muncul karena memang lokasi warung ini yang pada dahulu berada di samping lapangan basket yang dahulu terletak di jalan Agus Salim.

Soto Basket
© 2017 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Lokasi soto yang dekat dengan lapangan basekt ini lah yang membuat munculnya nama Soto Basket yang bertahan hingga sekarang. Soto yang dijual sendiri merupakan soto daging dengan kuah yang cukup ringan namun tetap gurih dan lezat.

Dilihat dari tampilan, soto ini memang cukup menggoda dengan warna kuahnya yang cukup jernih dan terang. Selain itu potongan daging yang digunakan pada soto juga cukup besar namun sangat lembut ketika dikunyah dan memancarkan kelezatan yang sangat khas dari daging sapi.

Soto ini memiliki kuah yang segar dan jernih dengan taburan seledri dan bawang goreng yang membuat rasanya semakin gurih. Porsi yang disajikan juga sangat pas bagi soto ini sebagai sarapan atau juga untuk makan siang.

Soto Basket
© 2017 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Selain sotonya, jangan lupa dengan lauk pendamping yang disajikan pada piring-piring ke pelanggan. Terdapat banyak pilihan seperti tempe goreng, empal daging sapi, perkedel, sate komoh, otak sapi goreng, babat rawis, telur asin, telur mata sapi, maupun dendeng paru yang renyah. Jangan lupakan juga telur asin, krupuk ikan tenggiri, dan kerupuk udang yang juga bisa langsung dicomot dari meja.

Kelezatan dan kenikmatan dari soto basket ini cocok sebagai penghangat perit dan pengusir lapar terutama di pagi hari. Warung soto ini merupakan salah satu kuliner yang cocok kamu nikmati jika ingin mencoba kelezatan soto daging di kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Makanan Khas Malang
  2. Kuliner
  3. Makanan Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA