1. MALANG
  2. KULINER

Langgam soto khas Madura di Depot Kurnia Ria Ning Sul

Depot Soto Kurnia Ria Ning Sul menyajikan soto Madura khas Madura dengan rasa yang begitu lezat dan daging yang sangat lembut.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Minggu, 16 Oktober 2016 00:02

Merdeka.com, Malang - Soto merupakan salah satu hidangan khas Nusantara dengan varian yang begitu beragam dan cukup berbeda satu sama lain. Di antara berbagai jenis soto, yang cukup terkenal adalah soto daging khas madura yang rasanya begitu sedap itu. Di Malang sendiri karena banyaknya masyarakat Madura yang tinggal, tidak terlalu sulit untuk mencari jenis soto yang satu ini, namun salah satu yang paling legendaris dan cukup tua adalah Depot soto Kurnia Ria Ning Sul yang berada di jalan Trunojoyo.

Berada di wilayah pusat kota, Depot Kurnia Ria Ning Sul merupakan salah satu warung soto Madura yang cukup legendaris dan dikenal oleh masyarakat Malang. Warung ini sendiri tergolong memiliki usia yang cukup tua karena telah ada sejak tahun 1980. Walaupun sudah mengalami renovasi, namun ketika mengunjungi depot ini masih terasa 'napas' dari warung-warung yang lahir dan berkembang di era 1980-an.

Yang membuat warung ini terkenal adalah soto daging dan soto buntutnya, kedua hidangan ini hadir dengan 'langgam' soto khas Madura yang kuahnya berwarna kuning muda, tidak terlalu kental, tak bersantan, dan gurih. Selain itu soto dan nasi juga disajikan secara terpisah sehingga cukup berbeda dari warung soto lain di Malang.

Depot Kurnia Ria Soto Madura Ning Sul
© twitter.com/NingSul/twitter.com/NingSul

Secara rasa sendiri, soto dagingnya benar-benar lezat dengan kuah yang cukup ringan namun tetap gurih dan berpadu dengan daging sapi yang telah dimasak hingga benar-benar lembut. Selain itu masih ditambah juga dengan telur ayam rebus yang disajikan bersama dengan soto dan menambah variasi rasa dari hidangan ini.

Jika dibandingkan, soto daging di Depot Kurnia Ria Ning Sul ini memiliki rasa yang mirip dengan Soto Gubeng Pojok Surabya yang terkenal itu. Hanya tentu saja, depot Kurnia Ria Ning Sul ini memiliki jarak yang lebih dekat dan variasi makanan lebih banyak karena tidak menyajikan soto daging saja.

Depot Kurnia Ria Soto Madura Ning Sul
© twitter.com/NingSul/twitter.com/NingSul

Selain soto daging, pengunjung dapat memesan soto buntut, soto ayam, rawon, dan nasi campur. Tentu saja hidangan tersebut juga memiliki rasa yang tak kalah lezat dibanding soto daging yang disajikan. Soto daging yang dipesan juga dapat disesuaikan lauknya, apakah meminta daging saja atau bercampur dengan berbagai jeroan seperti usus, paru, dan lain-lain.

Rasa kuahnya yang begitu segar membuat soto ini juga layak untuk disantap baik pagi, siang ataupun malam hari. Lokasi dari warung ini sendiri cukup mudah dijumpai yaitu terletak di samping utara Modern foto. Depot Kurnia Ria Ning Sul buka setiap hari mulai pukul 06.30 dan biasanya tutup pada pukul 20.00.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kuliner
  2. Makanan Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA