1. MALANG
  2. KULINER

Menikmati pecel asli khas Malang di pasar Klojen

Pecel Klojen merupakan salah satu warung pecel yang asli khas Malang dan sudah bertahan dengan resep yang sama sejak 1975.

Ilustrasi pecel. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Minggu, 13 November 2016 00:24

Merdeka.com, Malang - Walaupun mudah dan banyak ditemui di kota Malang, sebagian besar penjual pecel di kota Malang selalu memasang embel-embel kota lain seperti Pecel Blitar atau Pecel Madiun. Tak banyak penjual pecel yang mengaku memiliki racikan pecel khas Malang, diantara sedikit warung tersebut, Pecel Klojen ini merupakan salah satu pecel khas Malang.

Disebut khas Malang karena warung yang sudah berusia puluhan tahun ini memang menggunakan racikan bumbu dan dibuat oleh orang asli Malang. Mudjiasri sang penjual mewarisi resep ini dari ibunya, Misnati dan terus menggunakannya hingga sekarang. Mudjiasri dan Misnati sendiri merupakan warga asli Malang akrena tinggal di jalan Cokroaminoto atau di gang seberang dari pasar Klojen.

Warung Pecel Klojen ini merupakan salah satu warung pecel yang cukup favorit dan legendaris di Malang. Telah berdiri sejak tahun 1975, hingga kini warung ini tetap setia di tempat yang sama yaitu di bagian dalam pasar Klojen. Usia yang begitu tua dan tempat yang tak pernah berpindah membuat pecel ini memiliki penggemar dari berbagai usia dan latar belakang.

Rasa dari pecel khas Malang ini tidak kalah dari pecel khas daerah lain malah mungkin lebih pas dengan lidah orang Malang. Tingkat kemanisan dan kekentalan bumbu pecel ini begitu sempurna dan mampu berpadu dengan berbagai sayuran yang masih segar dan digunakan di dalam pecel ini. Selain itu masih ada juga tambahan tempe atau mendol di atasnya serta peyek yang begitu gurih.

Jika ingin tambah lauk, biasanya disediakan sate komoh serta berbagai hidangan lain seperti sate usus yang bisa dicampurkan ke dalam bungkus pecel kamu. Untuk diketahui, Pecel Klojen disajikan tetap dengan wadah yang lawas berupa daun pisang atu pincuk baik ketika dibungkus atau makan di tempat.

penggunaan pincuk ini membuat rasa pecel terasa semakin sedap dan Pecel Klojen juga terus diingat karena kekhasannya ini. Tentu saja rasa sedap yang sudah ada di dalam pecel semakin menjadi sempurna dan menjadikannya sebagai menu sarapan yang tepat.

Pecel Klojen sendiri terletak di bagian dalam pasar Klojen. Masuk dari pintu pasar sebelah utara lalu kemudian belok kanan dan akan terlihat bedak penjual pecel ini. Sebaiknya jangan datang terlalu siang karena biasanya pecel yang buka pukul 06.00 ini sudah habis sekitar pukul 09.00 karena ramainya pengunjung.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Makanan Khas Malang
  2. Kuliner
  3. Makanan Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA