1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Walikota Malang dinobatkan sebagai Pendekar Kehormatan IPSI

Pagelaran Pencak Silat, Abah Anton dinobatkan sebagai Pendekar Kehormatan IPSI pertama di Jawa Timur.

Istimewa. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 04 Oktober 2016 15:47

Merdeka.com, Malang - Pencak Silat merupakan salah satu kekayaan seni budaya Indonesia yang patut untuk dilestarikan. Mengingat hal tersebut, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kota Malang yang didukung oleh pemerintah kota Malang, mengadakan Pagelaran Pencak Silat untuk pertama kalinya di kota Malang, Senin (03/10). Acara yang diikuti oleh 11 Perguruan Pencak Silat tersebut berlokasi di halaman depan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga kota Malang.

Pagelaran tersebut dihadiri pula oleh Walikota Malang, H. Mochammad Anton, beserta sederetan pejabat lainnya. Tak hanya sekedar memberikan sambutan, Abah Anton-sapaan akrab H. Mochammad Anton- dalam Pagelaran tersebut dinobatkan sebagai Pendekar Kehormatan IPSI. Penobatan ini diberikan atas dedikasi Abah Anton dalam mendorong dan berperan aktif di dunia olahraga silat.

Ketua IPSI kota Malang, Ir.Nono Suhertono mengungkapkan bahwa penganugerahan dari komunitas perguruan silat di bawah naungan IPSI karena dinilai sebagai sosok yang pandai, mengatur, menata awak serta mengorangkan orang.

"Selain itu, terpilihnya Abah Anton sebagai Pendekar Kehormatan, juga karena dinilai sebagai sosok yang menginspirasi dan merupakan masukan dari masyarakat serta kesepakatan dari 11 perguruan pencak silat" ungkap Nono.

Gelar pendekar merupakan penganugerahan tertinggi dari sebuah perguruan silat. Bagi masyarakat silat, pendekar merupakan sosok panutan, dan kebanggaan. Sehingga dengan kesepakatan dari seluruh perguruan silat di kota Malang, Abah Anton diharapkan menjadi pengayom dan figur pemersatu serta membawa kemajuan dalam olahraga silat.

"Ke depan, penguatan figur sebagai abah pendekar akan senantiasa disampaikan dalam forum dan kegiatan persilatan di kota Malang, sehingga menginspirasi pesilat-pesilat muda" tambah H. Parso Adiyanto, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.

Sementara itu, Abah Anton dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas penganugerahan gelar tersebut. Abah Anton berharap ke depannya agar keberadaan olahraga pencak silat di kota Malang dapat terus berkembang dan menelurkan bibit-bibit atlet.

"IPSI Kota Malang harus dapat memberikan pembinaan kepada generasi muda dan meningkatkan semangat berkompetisi dalam diri atlet" tegas Abah.

Dengan penganugerahan tersebut, Abah Anton menjadi Walikota pertama Se-Jawa Timur yang menerima gelar sebagai Pendekar Kehormatan IPSI.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Abah Anton
  2. Info Kota
  3. Olahraga
  4. Seni
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA