1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Soekarwo minta penangkapan Eddy Rumpoko jadi yang terakhir di Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyebut penangkapan Eddy Rumpoko sebagai ujian dan berharap merupakan yang terakhir terjadi di daerahnya.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 19 September 2017 12:31

Merdeka.com, Malang - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyebut insiden penangkapan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai ujian bagi Jawa Timur. Dilansir dari Merdeka.com, Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo berharap operasi tangkap tangan (OTT) pada Sabtu siang (16/9) lalu, itu menjadi peristiwa terakhir di wilayahnya.

Hal ini disampaikannya pada pidato pelantikan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso sebagai pelaksana tugas (Plt) dari Eddy Rumpoko pada Senin (18/9) malam. Dalam pidatonya tersebut, Soekarwo tak menyampaikan banyak hal kecuali permintaan maaf dan tengah menghadapi ujian.

"Kami mohon maaf, ini ujian bagi kita di Jawa Timur. Dan semoga ini yang terakhir," tutur Soekarwo lirih.

Pada acara tersebut, Punjul dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo di Gedung Grahadi Surabaya. Hadir pula pada acara tersebut Ketua DPRD Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar, Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin, serta beberapa kepala daerah seperti Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, Bupati Jember, Faidah, dan sejumlah kepala daerah lainnya.

Pakde Karwo juga meminta semua pihak menjadikan kasus Eddy Rumpoko yang akan usai masa jabatannya pada Desember mendatang, itu sebagai bahan perenungan.

"Sekali lagi, mudah-mudahan ini ujian terakhir bagi kita," jelasnya.

Penunjukkan Punjul sebagai Plt ini berdasarkan Surat Mendagri Nomor: 131.35/4269/SE, tertanggal 18 September 2017, dan Surat Perintah Tugas dari Gubernur Jawa Timur Nomor: 131/1056/011:/2017.

Landasan kedua surat tersebut adalah Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah sebagaiman telah diubah kedua kali dengan UU Nomor 9 tahun 2015.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Peristiwa
  2. Kota Wisata Batu
  3. Eddy Rumpoko
  4. KPK
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA