1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pilwalkot Malang, PDIP mencari orang baik yang didukung NU

Singgung tentang Pilwalkot Malang, PDIP beber kriteria yang diinginkan pihaknya. Salah satunya mendapat dukungan dari Nahdlatul Ulama (NU).

Kampanye PDIP. ©2016 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Senin, 11 September 2017 06:09

Merdeka.com, Malang - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencari orang baik dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Malang 2018. Selain baik, juga harus memiliki elektabilitas tinggi dan mendapat dukungan dari Nahdlatul Ulama (NU).

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari mengatakan, survei para bakal calon sudah final. Hasil survei akan segera dipaparkan di DPD Jawa Timur dan hasilnya akan diserahkan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi.

"Yang jadi prioritas itu orang baik dengan rekam jejak baik. Kemudian memiliki elektabilitas bagus, didukung oleh NU. Ini penting makanya saya ke sini, kemudian dapat dukungan PDIP, paling tidak pernah bertemu dengan kader-kader PDIP," kata Sri Untari di Malang, Minggu (10/9).

Kata Untari, dari 13 lembaga survei ditunjuk dan direkomendasi oleh Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Timur sendiri memilih 11 survei untuk 18 Kabupaten/ Kota serta Propinsi.

Termasuk di antaranya untuk pemilihan Wali kota dan Wakil Wali kota Malang. Selanjutnya DPP akan melakukan proses lagi berupa psikotest dan fit and proper test.

"Biasanya kami akan dipanggil untuk memutuskan daerah A, B, C mengapa diberi menu itu. Satu kota akan diberi dua menu. Sesuai aturan memang dua menu, tetapi kadang-kadang menunya hanya satu, asal elektabilitasnya bagus dan sudah memiliki rekam jejak baik. Biasanya langsung dipakai," terangnya.

Dia menambahkan DPP PDIP sudah memiliki tim yang langsung turun ke bawah. Sementara saat ini yang dilakukan oleh DPD masih mencoba-coba meramu dari menu itu. "Kita masih masak-masak dari menu itu, kita masih meramunya bagaimana," pungkasnya.

Seperti diketahui, hingga kini ada enam orang mendaftar sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Malang melalui DPC PDIP Kota Malang. Mereka di antaranya Arief Wicaksono (Ketua DPC PDIP Kota Malang), Sutiaji (Petahana Wakil Wali Kota), Wahyu Eko Setiawan (aktivis) dan Dedi Rahmadi (Profesional).

Sementara Sutiaji, di sela kehadirannya menyambut kedatangan pengurus DPP PDIP di Pondok Pesantren Sabilurrosyad mengaku optimis mengantongi rekomendasi. Namun pihaknya masih belum berani banyak bicara lebih jauh.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Politik
  2. Kota Malang
  3. Pilwali 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA