1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pendaki asal Swiss hilang di gunung Semeru

Seorang wisatawan mancanegara asal Swiss dinyatakan hilang dalan pendakian ke puncak gunung Semeru.

© 2016 merdeka.com/ Imam Buhori. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 09 Juni 2016 12:07

Merdeka.com, Malang - Seorang wisatawan mancanegara asal Swiss dinyatakan hilang dalan pendakian ke puncak gunung Semeru. Dilansir dari Merdeka.com, pria bernama Lionel Du Creaux (26) itu diketahui hilang setelah rekannya, Alice Guignard melapor kepada petugas.

Sebelumnya, Alice yang berkewarganegaraan Prancis juga sempat tersesat selama dua hari. Dia berhasil ditemukan oleh seorang guide saat sedang mengantarkan tamunya.

Berdasar keterangan, Lionel dan Alice berangkat dari Malang pada jumat (3/6). Keduanya tiba di Ranu Pani pada pukul 07.00 WIB dan langsung menuju lokasi pendakian.

Pada pukul 10.22 WIB, keduanya sampai di Ranu Kumbolo dan kemudian melanjutkan ke Kalimati. Keduanya sampai di Kalimati sekitar pukul 11.55 WIB dan kemudian melanjutkan ke daerah Watu Gede dan sampai pada pukul 14.01 WIB.

Pukul 17.47 WIB, Alice memutuskan tidak melanjutkan pendakian karena faktor kelelahan. Sementara Lionel memilih melanjutkan perjalanan menuju Mahameru (puncak Gunung Semeru).

Alice yang kelelahan memutuskan untuk kembali ke Kalimati. Namun karena kehilangan arah, dia akhirnya tersesat. Dia tidak melalui jalur sebelumnya, sehingga berjalan menuju Punggungan, bukit arah ke kiri atau arah Arcopodo.

Selama dua hari, Alice tersesat dan baru ditemukan oleh Heri Sumantri pada 6 juni, sekitar pukul 22.00 WIB. Heri pada saat itu sedang mengantarkan tamu dan mendengar teriakan minta tolong.

Alice dibawa turun dan pada 7 juni 2016 sore melaporkan secara resmi pada petugas resort Ranu Pani. Dia melaporkan telah mendaki bersama Lionel, yang sampai saat ini belum diketahui keberadaanya.

Pada 8 Juni 2016, tim beranggotakan 20 orang yang terdiri para porter, saver, Gimbal Alas dan potensi SAR lainnya melakukan pencarian di titik-titik yang diidentifikasi hilangnya pendaki asal Swiss itu. Hingga kini proses pencarian masih berjalan.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Peristiwa
  2. Gunung Semeru
  3. Pendaki hilang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA