1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pemkot Malang serahkan ratusan Kartu Tani, ini fungsinya!

Punya manfaat multifungsi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serahkan Kartu Tani kepada ratusan petani di kota Malang.

Launching Kartu Tani. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 27 September 2017 14:51

Merdeka.com, Malang - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggandeng perbankan meluncurkan program Kartu Tani untuk menyalurkan bantuan dan subsidi pada petani. Sebanyak 349 petani dari total 533 petani di kota Malang yang menerima kartu tersebut di aula kelurahan Lesanpuro, Selasa (26/9). Selain itu, Pemkot Malang juga menyerahkan bantuan berupa traktor roda empat dan traktor roda dua kepada kelompok tani setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sri Winarni mengatakan, perlu dilakukan upaya terpadu untuk meningkatkan produktivitas pertanian yaitu dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi seperti peningkatan ketersediaan air irigasi, penyediaan bibit, pupuk dan alsintan.

"Melalui program Kartu Tani ini, kami berharap agar kesejahteraan para petani dapat meningkat sehingga ketahanan pangan di Kota Malang juga akan tetap terjaga," terangnya.

Winarni menjelaskan, Kartu Tani merupakan media penyaluran bantuan sosial dan subsidi melalui sebuah kartu multifungsi yang dikeluarkan perbankan. Kartu Tani berfungsi sebagai kartu tabungan dan dompet/e-wallet (Combo) untuk belanja.

Fitur Tabungan yang tertanam dalam Kartu Tani merupakan simpanan berupa rekening bank yang dapat ditarik secara tunai dengan jenis produk TabunganKu. Adapun Fitur e-Wallet, yakni simpanan uang elektronik yang dapat digunakan untuk belanja barang dan dapat digunakan untuk penyimpanan bantuan dan subsidi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan, Pendidikan, Gas, subsidi Pupuk dan Program Pemerintah Daerah.

Kartu Tani berfungsi sebagai database petani yang akurat, sekaligus sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi pada agen pupuk. Dengan Kartu Tani tersebut, distribusi pupuk bersubsidi dapat lebih terkontrol, karena akan tercatat secara real timeā€“on line dan dapat dipantau melalui sarana dashboard yang telah disediakan.

Pemberian Kartu Tani, kata Winarni, merupakan upaya mewujudkan percepatan pembangunan pertanian modern menuju kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. Sehingga, pemerintah bekerjasama dengan perbankan, meluncurkan program Kartu Tani untuk menyalurkan bantuan dan subsidi pada petani.

Acara penyerahan Kartu Tani tersebut dikemas dalam Launching Kartu Tani dan Penyerahan Traktor Bantuan dari Kementerian Pertanian Kepada Kelompok Tani di kota Malang, Selasa (26/9). Turut hadir dalam acara tersebut, Muspika Kecamatan Kedungkandang, dan Wakil Pimpinan BNI Wilayah Malang, Alih Suwasono.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA