1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pemkab Malang gelar kirab trofi di puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup

Pemerintah Kabupaten Malang menggelar kirab trofi di puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017.

Trofi bidang Lingkungan Hidup kabupaten Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 14 September 2017 06:25

Merdeka.com, Malang - Puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 di kabupaten Malang akan digelar pagi ini, Kamis (14/9) di Stadion Kahuripan Talok Turen, kecamatan Turen. Kegiatan itu akan dilanjutkan dengan kirab tiga trofi penghargaan bidang lingkungan hidup yang diterima kabupaten Malang tahun ini. Yakni, Juara I Nirwasita Tantra, Adipura ke-10 bagi kota Kepanjen, dan Desa Proklim Tingkat Nasional yang diterima desa Rejosari, kecamatan Bantur.

Kirab akan mengambil start di Stadion Kahuripan Talok Turen, dengan melintasi jalan utama kecamatan Turen, Gondanglegi dan kota Kepanjen. Kemudian, ketiga trofi dikirab keliling kota Kepanjen melintasi desa Kedung Pendaringan, hingga finish di Kantor Kecamatan Kepanjen.

"Sebelum dikirab, bapak Bupati Malang, Rendra Kresna menyerahkan Piala Adipura kepada Ketua DPRD Kabupaten Malang, kemudian oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang diserahkan kepada Camat Turen untuk selanjutnya dikirab," terang Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten malang, Suwadji, Rabu (13/9).

Suwadji menuturkan, trofi Nirwasita Tantra merupakan penghargaan yang diberikan kepada tiga kepala daerah atas keberhasilan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup. Sedangkan penghargaan Adipura ke 10 kategori Kota Kecil yang diterima kota Kepanjen dan penghargaan Proklim, diberikan kepada desa yang pro aktif mengatasi perubahan iklim.

Lebih lanjut, Suwadji mengajak masyarakat kabupaten Malang untuk ikut menyambut keberhasilan dan memeriahkan kirab tersebut. Selain kirab, kegiatan itu juga akan dimeriahkan dengan sederetan kegiatan lain, seperti penanaman pohon, dan melepaskan burung ke alam bebas.

"Sejumlah kegiatan juga digelar Pemkab Malang dalam mengisi Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tahun 2017. Diantaranya, Bupati dan jajaran Forpimda melaksanakan penanaman pohon, kemudian melepaskan burung ke alam bebas. Selain itu, juga pengumuman pemenang lomba fotografi dan menulis puisi, penyerahan sembako kepada masyarakat miskin, dan Launching Gerakan Jumat Bersih dalam rangka mewujudkan Kabupaten Malang bebas sampah pada tahun 2020," ujarnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kabupaten Malang
  2. Pemkab Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA