1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Meski dukung Khofifah, Golkar tak tutup pintu untuk Gus Ipul

Walau sudah sepakat mendukung Khofifah sebagai calon gubernur Jawa Timur, Golkar tak menutup pintu untuk calon lain termasuk Gus Ipul.

©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 03 Oktober 2017 13:24

Merdeka.com, Malang - Partai Golkar hingga saat ini menjatuhkan dukungan kepada Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa, dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Namun resmi dukungan dalam bentuk rekomendasi partai, masih belum diberikan kepada Khofifah.

Ridwan Hisjam, Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengatakan, partainya sudah sepakat mendukung Khofifah, tetapi secara resmi masih harus diputuskan melalui rapat yang menghadirkan sejumlah unsur partai.

"DPP Partai Golkar sudah kesepakatan mendukung Ibu Khofifah. Fraksi Partai Golkar, kebetulan saya Wakil Ketua fraksi, serta dari 11 anggota DPR RI Jawa Timur sudah memutuskan memberikan dukungan pada Ibu Khofifah," kata Ridwan Hisjam di Kota Malang, Senin (2/10).

Kata Hisjam, Khofifah telah melakukan pendekatan dengan partainya, karena memang sangat terbuka dengan siapa pun. Pihaknya juga mempersilakan perempuan yang masih menjabat Menteri Sosial itu untuk membangun komunikasi dengan partai lain.

"Tetapi kami sangat berharap wakilnya nanti dari Partai Golkar. Kita menginginkan perubahan dan pembaharuan untuk Jawa Timur," tegasnya. 

Nama calon Wakil Gubernur yang disiapkan di internal Partai Golkar di antaranya Ridwan Hisjam dan Mayor Estu Hari Subagyo, Mantan Pangdam Bukit Barisan. Jika calon Wakil Gubernur dari Partai Golkar tidak dipilih, tentu akan dilakukan tinjauan ulang. 

"Itu (kalau wakilnya tidak dari Golkar) nanti akan menjadi pertimbangan di DPP, tetapi kami menyuarakan harus dari Partai Golkar. Kalau tidak, kita khawatir apa yang kita harapkan membangun Jawa Timur tidak tercapai," katanya. 

Empat kandidat sudah melamar sebagai calon Gubernur ke partai Golkar, yakni Kepala Inspektorat Jawa Timur Nirwiyatmo, Sekretaris Militer Kepresidenan Kombes Pol Syafiin, Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf dan Khofifah yang langsung mendaftar ke DPP.

Namun demikian, Hisjam sendiri menegaskan kalau partainya tidak 'tutup pintu' untuk calon gubernur Syaifullah Yusuf. Karena memang sifat politik yang selalu dinamis. 

"Selama janur kuning belum berangkat, meski undangan sudah beredar. Apakah tutup pintu untuk Gus Ipul? Ndak dong, kan Gus Ipul teman kita juga. Kita tidak tutup pintu, yang namanya politik itu tidak ada titiknya, selalu koma. Kalau sudah kejadian baru titik," katanya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Politik
  2. Pilgub Jatim 2018
  3. Khofifah Indar Parawansa
  4. Saifullah Yusuf
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA