1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Mahfud MD sebut primordialisme mulai tumbuh dan dipolitisasi

Mantan Menteri Pertahanan, Mahfud MD menegaskan, ikatan primordial atau kelompok di masyarakat semakin menguat.

Mahfud MD. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 06 Oktober 2017 14:49

Merdeka.com, Malang - Mantan Menteri Pertahanan, Mahfud MD, memberi ucapan selamat kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berulang tahun ke-72. Mahfud berharap, TNI semakin kuat dan kembali ke jati diri.

"Mudah-mudahan TNI semakin kuat, kembali pada jati dirinya, mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Mahfud MD di Malang, Kamis (5/10).

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) itu mengingatkan, sebagaimana fungsi dan peranannya, TNI tidak tertarik dan terlibat dalam putaran politik.

"Menjauhkan diri dari politik," tegasnya.

Mahfud sendiri berbicara tentang Merajut Kebhinekaan Meneguhkan Karakter Ke-Indonesia-an di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Ia menegaskan, bahwa ikatan primordial atau kelompok di masyarakat semakin menguat.

"Mulai tumbuh kan, orang mengatasnamakan kelompok dan lain sebagainya. Itu sering dipolitisasi, yang sebenarnya tidak merasa ada (persoalan) itu memancing-mancing agar ada primordialisme. Karena kepentingan politik. Tetapi kita harus sabar, namanya bernegara itu harus bersabar," katanya.

Karena itu, kata Mahfud, pemerintah harus mengambil langkah strategis untuk menghadapinya. Langkah efektif menurutnya, adalah dengan mengangkat kesejahteraan.

"Strateginya itu bagaimana pelaksanaan keadilan sosial, keadilan ekonomi seperti pasal 33 dan 34 undang-undang dasar bisa diterapkan. Kalau itu jalan. Saya kira primordialisme akan surut dengan sendirinya," terangnya.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA