1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Launching Perda baru, Rendra kampanyekan ASI eksklusif untuk bayi

Launching Perda ASI Eksklusif, Bupati Malang sebut ASI punya peranan penting untuk pertumbuhan balita.

Launching Perda ASI Eksklusif di Kabupaten Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 27 Mei 2017 12:43

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang, Rendra Kresna, menyampaikan bahwa Air Susu Ibu (ASI) memiliki peranan penting untuk pertumbuhan balita. Pemberian ASI selama 6 bulan pertama, kata Rendra, merupakan makanan paling sehat di masa keemasan ibu pasca melahirkan. Sehingga, dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) terkait ASI, diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi si buah hati untuk menikmati ASI secara ekslusif. 

Hal ini disampaikan Rendra, saat meresmikan launching Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2017 tentang Air Susu Eksklusif, di Hotel Solaris Malang, Jumat (26/5). Acara launching ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Direktur GAIN Indonesia, seluruh pejabat Pemkab Malang dan Camat, serta perwakilan pengurus Penggerak PKK Kabupaten Malang.

Lebih lanjut, Rendra menambahkan, kabupaten Malang sebagai salah satu wilayah yang sukses dalam membuat dalam membuat Perda tentang ASI Eksklusif. Ia berharap, seluruh lembaga kesehatan, seperti Puskesmas, Bidan Setya, dan lembaga lainnya di wilayah kabupaten Malang turut mengkampayekan ASI Eksklusif tersebut.

"Saya berharap tidak ada petugas kesehatan yang menjadi sales susu produk dari pabrik pengganti ASI. Semua elemen kesehatan dan masyarakat harus giat mengkampanyekan ASI dan harus terawasi. Sehingga tidak ada indikasi petugas kesehatan yang justru menjadi sales suatu produk susu pengganti ASI," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, dr. Abdurachman, menjelaskan bahwa dengan adanya Perda ini, dapat mengurangi resiko bayi tidak sehat. Pasalnya, dengan mengoptimalkan pemberian ASI tersebut, imunitas bayi akan menjadi lebih baik.

"Bukan hanya pemerintah yang meyakini ASI adalah konsumsi terbaik. Akan tetapi, didalam agama (Islam) juga jadi sebuah perintah jika ASI Eksklusif adalah sebuah amal kebaikan," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kesehatan
  2. Kabupaten Malang
  3. Rendra Kresna
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA