1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kota Nonsan,Korsel jajaki Sister City dengan kota Batu

Punya karakteristik geografis yang serupa, kota Nonsan, Korea Selatan jajaki Sister City dengan kota Batu.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 05 November 2016 15:51

Merdeka.com, Malang - Kota Wisata Batu mendapat kunjungan istimewa dari Minister Counsellor RI untuk Korea Selatan, M. Aji Surya. Kedatangan Aji disambut langsung oleh Walikota Batu, Eddy Rumpoko, dan didampingi oleh Kepala Bappeda kota Batu, Chorry.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka penjajakan Sister City kota Batu dengan salah satu kota di Korea Selatan, yakni kota Nonsan. Penjajakan yang merupakan rekomendasi dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo tersebut, berdasar pada kondisi karakteristik geografi kota Batu yang mirip dengan kota Nonsan.

Sister City sendiri merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan hubungan budaya, dan kontak sosial antarpenduduk. Berbicara tujuan, kunjungan Aji tersebut terkait dengan pengembangan pertanian, pendidikan dan pelayanan publik. Sementara itu, kota Batu pun membutuhkan kerjasama dengan kota lain untuk pengembangan di bidang yang serupa.

"Kota Wisata Batu yang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang cocok untuk kerjasama tersebut. Ke depan akan dilakukan identifikasi terlebih dahulu dan untuk kerjasama kemudian akan dibuat MOU lebih lanjut", kata Aji.

Menurut Aji, komoditi unggulan pertanian di Kota Nonsan adalah ketela ungu, strawberry, kentang serta hasil pertanian lainnya. Kondisi tersebut cocok dengan hasil pertanian di kota Batu, sehingga memungkinkan adanya kerjasama antar dua kota.

Sementara itu, Walikota Batu. Eddy Rumpoko memberikan respon positif atas ide kerjasama (Sister City) tersebut. Eddy menyatakan tertarik dengan kerjasama tersebut.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Lingkungan
  2. Kota Wisata Batu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA