1. MALANG
  2. KABAR MALANG

KPU tetapkan Empat Paslon maju Pilkada Kota Batu

Melalui rapat Pleno terbuka, KPU tetapkan empat pasangan calon maju ke Pilkada kota Batu 2017. Paslon masih menunggu penetapan nomor urut.

Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 25 Oktober 2016 12:07

Merdeka.com, Malang - Empat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batu telah ditetapkan maju ke Pilkada 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menetapkan empat orang pasangan calon (Paslon) tersebut melalui sebuah rapat pleno terbuka.

Dilansir dari merdeka.com, Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengungkapkan, penetapan tersebut setelah melalui proses verifikasi sejak masa pendaftaran. Para calon dinilai telah memenuhi ketetapan aturan.

"Empat pasangan calon kita tetapkan, dan besok kita lakukan pengundian dan penetapan nomor urut," kata Rochani di Kantor KPU Kota Batu, Senin (24/10).

Keempat calon yang ditetapkan di antaranya Abdul Majid-Kasmuri Idris, Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso, HA Rudi SB - Sujono Djonet dan Hairuddin-Hendra Angga Sonatha.

Penetapan calon merupakan rangkaian proses dari verifikasi mulai dari verifikasi persayaratan calon dan persyaratan pencalonan sebagaimana PAHP ( Berita Acara Hasil Perbaikan). Masa perbaikan telah berlangsung 11-21 Oktober 2016.

Selama masa verifikasi KPU telah membuka masukan dan pendapat masyarakat. Tetapi sampai hari ini, Senin (24/10), tidak ada tanggapan atau masukan masyarakat yang perlu ditindaklanjuti.

"Selama kegiatan verifikasi juga dilakukan kegiatan klarifikasi ke instansi yang berwenang," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Kota Batu, AKBP Leonardus Simarmata mengungkapkan, para calon walikota dan wakil walikota akan mendapatkan pengawalan. Dua orang personel akan mengawal selama 24 jam.

"Pengawalan akan melekat selama 24 jam, satu orang didampingi dua anggota kepolisian," tegas Leonardus.

Untuk calon perempuan akan dikawal oleh dua orang Polwan, begitupun Ketua KPU dan Ketua Panwas yang kebetulan dipimpin perempuan.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Peristiwa
  2. Politik
  3. Kota Wisata Batu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA