1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Tes kesehatan bakal calon Pilkada kota Batu libatkan 12 dokter

Libatkan 12 dokter, bakal calin Walikota dan Wakil Walikota Batu diagendakan jalani sejumlah tes kesehatan.

© 2016 merdeka.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Senin, 26 September 2016 17:47

Merdeka.com, Malang - Empat bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Batu diagendakan menjalani sejumlah tes kesehatan yang berlangsung selama tiga hari, yakni 24, 26 dan 27 September. Hari ini, Senin (26/09) keempat pasangan bakal calon pemimpin kota Batu tersebut dijadwalkan akan menjalani tes yang bersifat laborat. 

Dilansir dari merdeka.com, sebanyak 12 orang dokter berbagai disiplin terlibat dalam tes kesehatan bakal calon wali kota dan wakil wali Kota Batu. 

"Ada 12 orang dokter dari berbagai bidang ilmu, di antaranya ahli jantung, Penyakit Dalam dan Kandungan," kata I Wayan Agung Hendra, Ketua Tim Dokter Penguji Bakal Pasangan Calon di RSSA, Sabtu (24/9).

Tes kesehatan dimulai dengan tes ujian psikologi yang bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis tiap-tiap calon. Sebelumnya, tes psikologi berlangsung Sabtu(24/09), di ruang Singhasari mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengungkapkan, para bakal calon yang direkomendasi mengikuti tes adalah pasangan yang sudah mendaftarkan diri ke KPU. Hasil tes kesehatan nantinya bersifat final dan tidak boleh ada hasil pembandingnya.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh rumah sakit yang direkomendasi oleh IDI setelah berkoordinasi dengan HIMSI, BNN dan KPU. Rumah sakitnya sudah ditetapkan dan tim dokternya yang memeriksa juga sudah ditunjuk oleh rumah sakit tersebut.

"Tes kesehatan bisa menggugurkan bakal pasangan calon yang tidak memenuhi syarat jasmani rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika," tegasnya.

Bagi pasangan calon yang nantinya dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani serta bebas narkotika, bisa diganti dengan calon lain. Pergantian dilakukan pada masa perbaikan.

"Pemeriksaan kesehatan sifatnya sangat urgen, karena dapat menggugurkan pasangan calon yakni ketika ada kategori mereka dinyatakan tidak cukup sehat jasmani dan rohani maupun bebas penyalahgunaan narkotika," katanya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Politik
  2. Kota Wisata Batu
  3. Pilkada Batu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA