1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pilkada Batu, bakal calon Wali Kota jalani tes psikologi

Telah menjalani tes Psikologi, bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Batu diagendakan jalani sederetan tes kesehatan hari ini (Senin, 26/09).

© 2016 merdeka.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Senin, 26 September 2016 15:17

Merdeka.com, Malang - Empat pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Batu telah menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Malang, Sabtu (24/09).Tes psikologi tersebut berlangsung di ruang Singhasari mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Dilansir dari merdeka.com, masing-masing pasangan calon yang telah mengikuti tes antara lain Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso, Abdul Madjid-Kasmuri Idris, Khairuddin-Hendra Angga Sonatha dan HA Rudi SB-Sujono Djonet. Mereka pun mengerjakan beberapa lembar pertanyaan seputar masalah psikologi. Mereka pun menjalani tes wawancara dengan psikolog.

Ujian secara tertulis dilakukan bersama-sama, tetapi saat wawancara dilakukan sendiri-sendiri. Selama tes mendapat pengawasan dari KPU, Badan Narkotika Nasional (BNN), HIMSI (Himpunan Psikolog Indonesia) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Materinya tes seputar kepribadiannya. Ada dua materi yaitu tes intelegensi MMPI dan kepribadian," katanya.

MMPI sendiri singkatan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory. Tes dalam bentuk ratusan pertanyaan dengan alternative pilihan jawaban setuju dan tidak setuju.

Tes tersebut digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa oleh psikiater seperti gangguan anti sosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kebohongan dan sebagainya. Modal dasar tes tersebut adalah kejujuran.

Tes berlangsung tertutup dan mendapat penjagaan dari aparat kepolisian. Tampak petugas kepolisian dari Polres Batu berjaga di lorong pintu masuk, selain petugas pengamanan rumah sakit. Sementara di luar rumah sakit juga dilakukan penjagaan oleh puluhan personel Sabhara.

Tes akan berlangsung tiga hari, yakni 24, 26 dan 27 September. Hari ini, Senin (26/9), para bakal calon pemimpin Kota Batu tersebut diagendakan akan menjalani pemeriksaan darah dan urine, USG Abdomen, Foto Trorax PA, USG transvagina, pemeriksaan mata, THT, audiometri, EKG, spirometri, jantung dan lain-lain.

(SR)
  1. Politik
  2. Kota Wisata Batu
  3. Pilkada Batu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA