1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Jadi magnet wisata, kabupaten Malang gelar Gumebyar Pesona Gunung Kawi

Memperingati Hari Jadi ke-1257, kabupaten Malang menggelar kegiatan Gumebyar Pesona Gunung Kawi dan Gebyar Ritual Satu Suro di desa Wonosari.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 19 September 2017 19:03

Merdeka.com, Malang - Memperingati Hari Jadi ke-1257, kabupaten Malang menggelar kegiatan Gumebyar Pesona Gunung Kawi dan Gebyar Ritual Satu Suro di desa Wonosari, Selasa (15/9). Acara yang diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Malang ini, juga dirangkai dengan launching logo, pin, dan tema peringatan Hari Jadi ke-1257 Kabupaten Malang.

Wakil Bupati Malang, Sanusi menyampaikan, pemerintah pusat meminta setiap daerah untuk mengangkat kekhasan wisata daerah sebagai pariwisata nasional. Sejalan dengan itu, Gunung Kawi yang khas dengan wisata ritual, mampu menarik wisatawan sekaligus menjadi andalan pariwisata di kabupaten Malang.

"Hingga nanti pada akhirnya kalau dinilai sudah mencukupi untuk memenuhi pariwisata nasional. Pak Presiden Joko Widodo targetkan kunjungan wisata kabupaten Malang, sebanyak satu juta orang wisatawan. Dengan asumsi tiap wisatawan mancanegara itu, membelanjakan uangnya minimal 1000 dolar sehingga ada satu miliar dolar yang akan beredar di kabupaten Malang," terang Sanusi.

Wisata Gunung Kawi, kata Sanusi, dikunjungi sekitar 10-15 ribu orang setiap even besar Suro. Sementara, pada Jumat Legi di setiap satu bulan sekali, mampu mendatangkan sekitar 2-3 ribu pengunjung.

Peresmian Peringatan Hari Jadi ke- 1257 Kabupaten Malang
© malangkab.go.id/Humas Pemkab Malang

Sanusi menegaskan, pemerintah terus berupaya meningkatkan destinasi pariwisata yang sejalan dengan arahan presiden. Termasuk menyediakan fasilitas pendukung wisata, seperti air bersih, akses jalan, dan penginapan.

"Di sisi pariwisata, apa saja persyaratan yang harus dibangun dan diperbaiki, sehingga wisatawan saat datang ke lokasi wisata itu nyaman. Termasuk yang diarahkan itu adalah air bersih, akses jalan dan penginapan atau homestay," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kabupaten Malang
  2. Pariwisata
  3. Pemkab Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA