1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Densus 88 tangkap teduga teroris di wilayah Sawahan, Kota Malang

Terduga teroris dengan nama Kiki Rizky (41) ditangkap di Jalan Yulius Usman, Kota Malang pukul 09.31 WIB.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 09 Desember 2017 21:18

Merdeka.com, Malang - Selain menangkap terduga terorisme di Jl Ampel Kembang Surabaya, Detasemen Khusus Antiteror 88 Mabes Polri juga melakukan penangkapan di Sidoarjo dan Malang. Dilansir dari Antara, terduga teroris dengan nama Kiki Rizky (41) ditangkap di Jalan Yulius Usman, Kota Malang pukul 09.31 WIB.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan mengenai penangkapan tersebut. Dia mengatakan bahwa saat ini terduga teroris itu sudah diperiksa di Mako Brimob Ampeldento Malang.

"Kiki merupakan kelompok jaringan Abu Jandal dan bergabung dengan ISIS di Suriah sebagai FTF dan sudah mengikuti Tadrib Askari dan Ribath," jelas Barung.

Kiki Rizky alias Rizky Al Baiti alias Kiki alias Abu Ukasah pernah beerangkat ke Suriah pada sekitar tahun 2013. Dari Malang dia berangkat dengan Abdul Hakin dan bertemu dengan rombongan lain di Jakarta yang salah satunya adalah Salim Mubarok alias Abu Jandal.

Dari hasil pemeriksaan, Barung menyebut bahwa dia berangkat ke Suriah setelah sering mengikuti kajian dari Ustad Andry Kurniawan di Masjid Al Ghifary, Malang. Pada saat mengikuti kajian tersebutm dia bertemu dengan Salim Mubarok alias Abu Jandal yang kemudian menawarinya untuk berangkat ke Suriah.

"Maksud dan tujuan ke Suriah sebagai pekerja sosial untuk membantu korban perang," tutur Barung.

Namun ternyata ketika sampai di Suriah tidak terjadi sesuai keinginan Kiki karena dia disuruh untuk mengikuti pelatihan militer.

Setelah Kiki Rizky ditangkap polisi telah melakukan interogasi. Selain itu barang bawaan yang dibawa antara lain sepeda motor dan isi dompet terduga teroris juga telah diperiksa.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Peristiwa
  2. Kota Malang
  3. Terorisme
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA