1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Alternatif usaha bagi buruh pabrik rokok lewat pelatihan glass painting

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang menggelar pelatihan Glass Painting (melukis di kaca) bagi pengusaha mikro.

©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 25 Oktober 2017 12:51

Merdeka.com, Malang - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang menggelar pelatihan Glass Painting (melukis di kaca) bagi pengusaha mikro. Bersamaan juga digelar Sertifikasi dan Uji Kompetensi olah makanan.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Martha MRL Tobing mengatakan, kegiatan Sertifikasi dan Uji Kompetensi olah makanan bagi usaha mikro tersebut diikuti 60 orang peserta. Sedangkan pelatihan Glass Painting diikuti 50 orang peserta.

"Dipilih glass painting dan olahan makanan, karena kegiatan tersebut tidak ribet dilakukan selain itu kedua kegiatan tersebut sangat diminati oleh para peserta," kata Martha di Same Hotel Kota Malang, Senin (23/10).

Kata Martha, Pelatihan serta Sertifikasi dan Uji Kompetensi olah makanan menggunakan alokasi pendanaan bagi hasil cukai dan hasil tembakau tahun anggaran 2017.

"Keseluruhan peserta adalah buruh pabrik yang masih aktif dari 9 pabrik rokok yang di Kota Malang," tegas Martha.

Martha juga menjelaskan, tujuan pelatihan untuk memunculkan wirausaha baru yang dapat memberikan keterampilan baru. Nantinya jika mereka pensiun atau PHK, sudah memiliki keterampilan yang dapat menjadi modal untuk membuka usaha sendiri.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, nantinya juga akan melaksanakan kegiatan lanjutan agar mendapatkan sertifikasi serta memberikan pengetahuan yang lebih jauh terkait bidang usaha nya masing-masing.

"Karena kami juga menginginkan agar Usaha Mikro makin meningkat melalui program UKM Naik Kelas," tutur Martha.

UKM Naik Kelas sendiri adalah program peningkatan dan memajukan kualitas UKM agar dapat memasarkan produknya sampai ke tingkat nasional, bahkan internasional.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Bisnis
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA