1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Aksi maling kotak amal terekam CCTV, duit Rp 102.500 disita

Edi Riwanto (50) tidak sadar kalau aksi tengah malamnya membongkar kotak amal Masjid Sabilul Muttaqin di Malang, terekam CCTV.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 29 Mei 2018 00:03

Merdeka.com, Malang - Edi Riwanto (50) tidak sadar kalau aksi tengah malamnya membongkar kotak amal Masjid Sabilul Muttaqin diĀ Malang, terekam CCTV. Pelaku dalam aksinya terlihat menggunakan linggis kecil untuk membongkar kotak amal. Selain juga melengkapi diri dengan celurit dan lampu senter.

Kasubag Humas Polres Malang, AKP Farid Fathoni mengatakan, aksi pelaku terbongkar oleh seorang jemaah yang tengah mengaji di sekitar kotak amal. Saksi melihat kotak amal dalam kondisi rusak dan setelah diperiksa ternyata isinya raib.

"Saksi bersama Pengurus Takmir kemudian mengecek kamera CCTV yang terpasang di teras masjid. Rekaman tersebut menunjukkan bahwa tersangka masuk masjid dan mengambil uang di kotak amal dengan cara mencukit kunci gembok dengan linggis kecil," kata Farid Fathoni, Minggu (27/5).

Karena aksinya itu, Minggu (27/5) tersangka diamankan dari tempat tinggalnya. Pelaku tercatat sebagai warga Desa Kasri, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Saat ini tersangka menjalani pemeriksaan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Dari rekaman CCTV diketahui, pelaku membawa senjata tajam jenis clurit yang diselipkan di punggungnya," tambahnya.

Sesuai rekaman CCTV juga, aksi Edi Riwanto alias Ridwan sebenarnya dilakukan pada Kamis (24/5) sekitar pukul 01.55. Namun baru diketahui Jumat (25/5) oleh jemaah masjid setempat, dan dilaporkan ke Polsek Bululawang sehari kemudian.

Menurut keterangan takmir, uang di kotak amal masjidnya memang sering hilang. Sehingga masjid berinisiatif untuk memasang CCTV.

Ikut disita sebagai barang bukti sebuah gembok, clurit, linggis kecil, senter, sepeda ontel, topi, jaket dan tas serta uang tunai sebesar Rp 102.500.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Kriminal
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA