1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

EGTC 2018 singgah di UMM

Emtek Goes To Campus (EGTC) 2018 menyambangi Kota Malang tepatnya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 25-27 September 2018.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 26 September 2018 11:10

Merdeka.com, Malang - Emtek Goes To Campus (EGTC) 2018 kembali hadir. Kali ini menyambangi Kota Malang, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 25-27 September 2018.

Sejumlah agenda menyita perhatian dari berbagai kalangan. Tak hanya mahasiswa, beberapa orang yang telah bekerja dalam bidang digital pun turut hadir dalam acara ini.

Putri Mardika, salah satu member perusahaan perintis berbasis digital yang bergerak dalam bidang pertanian ini mengaku antusias untuk hadir. Kegiatan ini diakuinya sangat menarik, khususnya bagi yang baru belajar di dunia bisnis digitial.

"Waktu tahu akan ada di UMM, saya langsung buru-buru daftar. Belum lagi lihat agendanya yang sangat menarik sekali untuk saya yang baru belajar bisnis digital," terangnya di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Selasa (25/9).

EGTC dengan tema Shaping The Future bersama UMM tidak hanya menyuguhkan agenda dalam ruangan, namun juga memberikan peluang bagi mahasiswa UMM yang akan membuka usahanya dalam Campus Market yang akan berlangsung Rabu-Kamis (26-27/9) di pelataran Dome UMM.

Sejalan dengan tema acara, pada hari pertama EGTC hadir pada sesi Graduate Mentorship Program yakni Vice President of Group Human Resources (HR) EMTEK Pieter Andrian. Pieter yang memulai karirnya di PT Astra Internasional ini membagikan jurus-jurus untuk bisa menghadapi persaingan dunia kerja yang tidak lagi hanya dengan manusia melainkan mesin digital.

"Manusia memiliki empat kecerdasan yang dibutuhkan untuk bisa menjadi modal dalam menyaingi artificial intelligence (AI)," paparnya.

Lanjutnya, menurut Pieter empat kecerdasan itu adalah emosi, imajinasi dan kreatifitas, etika atau spiritual, dan intuisi. Pieter juga secara langsung menguraikan sartu persatu kecerdasan tersebut sambil memberikan games kepada para peserta untuk lebih memahamkan materinya. Ia juga menegaskan, pentingnya keceradasan emosi bagi seseorang.

“Orang-orang yang sadar diri akan bertanggungjawab terhadap keputusan yang telah diambilnya. Ini yang namanya memiliki kecerdasan emosi,” tambahnya.

Tak berhenti dengan keseruan untuk mempersiapkan diri sebagai human resources di era digital, EGTC yang bekerjasama dengan UMM ini juga menghadirkan Muhammad Fikri Head of Community Management Bukalapak. Fikri memaparkan tentang kekayaan dan kemudahan para generasi Z dalam mengakses internet untuk memperoleh informasi. Baginya tidak ada alasan lagi bagi para generasi digital native ini untuk ketinggalan informasi.

"Setiap pagi, hal yang kita lakukan untuk pertama kali adalah membuka smartphone. Tujuannya apa? Untuk memperoleh informasi," papar alumnus Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada tersebut.

Fikri juga menanamkan keyakinan pada para peserta bahwa teknologi digital akan terus maju. Sejalan dengan hal tersebut, keputusan untuk dapat beradaptasi ada di tangan masing-masing individu sendiri sebagai manusia digital. Jika ingin maju, maka harus mencari tahu.

"Banyak informasi yang bisa kita akses untuk memperoleh informasi untuk masa depan usaha kita, misal cara sukses untuk menjadi pelapak semua bisa dipelajari," terang Fikri.

EMTEK Goes To Campus (EGTC) 2018 merupakan kegiatan memadukan unsur edukasi dan entertainment dengan menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif tanah air sebagai narasumber serta kompetisi menjaring generasi muda yang berbakat di dunia presenter. Sejumlah tokoh inspiratif akan hadir untuk berbagi cerita serta wawasan kepada para peserta yang hadir. Mereka diantaranya adalah Harsiwi Achmad (Direktur Programming SCM), Adji Watono (Chairman & Founder Dwisapta Group), Steve Christian (CEO Kapanlagi Youniverse), Indra Yudhistira (Direktur Utama IEP), Tung Desem Waringin (Motivator), Dude Harlino (Creativepreneur/Aktor), serta Bayu Skak (Creativepreneur/Aktor).  EGTC 2018 di Universitas Muhammadiyah Malang juga akan dimeriahkan oleh penampilan Budi Doremi dan pemain film “Belok Kanan Barcelona” diantaranya Morgan Oey dan Ananta Rispo pada hari Kamis, 27 September 2018.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Event
  2. Universitas Muhammadiyah Malang
  3. EMTEK
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA