1. MALANG
  2. AREMANIA

Rangking Liga Indonesia menurun, jatah klub lolos langsung ke piala AFC berkurang

Akibat penurunan ini, AFC mengurangi jatah klub Indonesia yang langsung lolos ke Piala AFC musim depan.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 21 Desember 2017 17:16

Merdeka.com, Malang - Peringkat dari Liga Indonesia mengalami penurunan peringkat berdasar penilaian dari AFC (Asian Football Confederation) yang terbaru. Dilansir dari Bola.net, akibat penurunan ini, AFC mengurangi jatah klub Indonesia yang langsung lolos ke Piala AFC musim depan.

Sebelumnya, Indonesia sempat berada pada peringkat sembilan untuk wilayah timur Asia. Namun dalam ranking yang baru saja dirilis, Indonesia turun peringkat ke posisi 11. Liga Filipina dan Singapura kini telah menyalip posisi Indonesia.

Penurunan ini memang tidak memiliki pengaruh pada jatah klub Indonesia yang yang akan bermain di Liga Champion Asia. Klub juara di Liga 1 tetap mendapat kesempatan menjalani babak kualifikasi putaran pertama di Liga Champions Asia.

Walau begitu penurunan ranking ini mengakibatkan hanya akan ada satu klub yang otomatis langsung lolos ke fase grup Piala AFC pada 2019 mendatang. Sedangkan pada musim 2018 ini ada jatah dua klub yang langsung lolos ke fase grup.

Penurunan ini menyebabkan untuk musim depan, ada satu klub dari Indonesia harus memulai dari babak kualifikasi dalam kompetisi tersebut. Sedangkan untuk satu klub lainnya tetap mendapat jatah untuk langsung masuk ke fase grup.

Liga Indonesia dalam verifikasi AFC yang terbaru mengumpulkan 16.871 poin. Sementara Singapura yang berada satu tingkat di atas Indonesia mengumpulkan 17.084 poin.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Liga 1
  2. PSSI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA