1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Menuju Smart City, Pemkot Malang resmikan 'Ngalam Command Center'

Menandai awal menuju predikat kota smart city, pemerintah kota (Pemkot) Malang resmi meluncurkan program "Ngalam Command Center" (NCC).

Wali Kota Malang, Moch Anton. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 21 Desember 2017 16:02

Merdeka.com, Malang - Menandai awal menuju predikat kota smart city, pemerintah kota (Pemkot) Malang resmi meluncurkan program "Ngalam Command Center" (NCC), Rabu (20/12). NCC merupakan lembaga di bawah Dinas Kominfo Kota Malang yang menghimpun dan mengelola data serta aplikasi di lingkungan Pemkot Malang. Data tersebut nantinya bisa dimanfaatkan dan diakses secara langsung oleh masyarakat, baik kondisi kedinasan maupun situasi di wilayah itu secara real time.

Dilansir Antara, Wali Kota Malang, Moch Anton mengatakan, Pemkot Malang akan terus berupaya membangun sebuah sistem yang mempermudah layanan kepada masyarakat. Selain untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada, juga untuk menuntaskan setiap permasalahan secara lebih praktis.

"Apalagi, permasalah yang dihadapi Kota Malang saat ini semakin kompleks. Harapan kami keberadaan NCC ini bisa optimal. NCC yang kita miliki saat ini masih jauh dibanding dengan Command Center di kota-kota besar lainnya, sehingga kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitasnya," ujar Moch Anton, Rabu (20/12).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang, Zulkifli Amrizal, Rabu mengatakan kehadiran NCC secara bertahap akan menjadikan Malang sebagai kota pintar atau smart city. Pasalnya, salah satu komponen utama smart city adalah pelayanan yang cepat dan berkualitas.

"Keberadaan NCC akan membantu mempercepat layanan kepada masyarakat. Selain itu, juga lebih transparan, efektif dan setiap kegiatan bisa terpantau secara langsung," kata Zulkifli di sela peluncuran NCC di Malang.

Zulkifli mengakui, perkembangan teknologi informasi semakin cepat dan bisa diakses secara luas oleh masyarakat. Bahkan, pemerintah pun tidak lepas dari pemanfaatan teknologi tersebut. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat jauh lebih cepat dan transparan.

Keberadaan NCC, imbuhnya, akan lebih mendekatkan pemerintah pada masyarakat karena sejumlah layanan dasar publik, seperti pendidikan, kesehatan maupun peristiwa penting lainnya bisa terpantau secara langsung. Masyarakat pun bisa mengakses secara langsung. Melalui NCC, ke depan setiap layanan publik akan terkoneksi dengan layanan kepolisian hingga pemadam kebakaran.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Teknologi
  3. Kota Malang
  4. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA