1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sutiaji ajak masyarakat Malang turut wujudkan Indonesia jadi poros maritim dunia

Peringati Hari Nusantara 2017, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, ajak masyarakat turut mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 14 Desember 2017 13:02

Merdeka.com, Malang - Pemerintah Kota Malang menggelar upacara peringatan Hari Nusantara di halaman depan Balai Kota Malang, Rabu (13/12). Mengusung tema 'Gotong Royong Dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia', upacara ini dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji. Ia berharap, masyarakat Kota Malang turut mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

"Perlu kita pahami, meski pun Kota Malang bukan sebuah wilayah yang dominan di kelilingi oleh lautan. Namun, sebagai bagian dari warga negara Indonesia, kita juga harus senantiasa memberikan dukungan sepenuhnya atas berbagai kebijakan pemerintah. Termasuk didalamnya upaya mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia," ujar Sutiaji, Rabu (13/12).

Peringatan Hari Nusantara 2017 di Kota Malang
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

 

Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut, serta fokus pada keamanan maritim.

"Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia," imbuhnya.

Presiden Jokowi, kata Sutiaji, memiliki program-program utama untuk mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Sebut saja, penegakkan kedaulatan wilayah laut NKRI, revitalisasi sektor-sektor ekonomi kelautan, penguatan dan pengembangan konektivitas maritim, rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi biodiversity, serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kelautan.

Sutiaji menambahkan, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Mengingat, Indonesia berada di daerah equator, antara dua benua (Asia dan Australia), antara dua samudera (Pasifik dan Hindia), serta negara-negara Asia Tenggara.

Untuk dapat menjadi poros maritim dunia, kata Sutiaji, maka infrastrukur antar pulau dan sepanjang pantai di setiap pulau harus dibangun dan dikembangkan. Jalan antar pulau ini, harus direalisasikan untuk mempercepat transportasi antar pulau di Indonesia. Sistem pelabuhan di Indonesia harus dimodernisasi sesuai dengan standar internasional, sehingga pelayanan dan akses di seluruh pelabuhan harus mengikuti prosedur internasional.

"Oleh karena itu, guna mewujudkan cita-cita dan agenda sebagai negara poros maritim dunia; sektor kemaritiman, pengelolaan dan pemanfaatannya, harus didukung oleh seluruh anak bangsa dan Warga Negara Indonesia, dengan senantiasa mengedepankan semangat kebersamaan, persaudaraan, kegotongroyongan dalam kebhinekaan serta sinergitas kinerja dari seluruh stakeholder guna menjaga dan mempertahankan kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA