1. MALANG
  2. PARIWISATA

Bertandang ke Sumber Sira, lokasi snorkling anti mahal

keindahan alam Malang yang menyodorkan jernihnya sumber mata air yang dihias dengan tanaman hijau di dasar air

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 04 Mei 2016 14:27

Merdeka.com, Malang - Pernah dengar lokasi wisata yang satu ini? Terletak di desa Putuk Rejo, kecamatan Gondang Legi, Kabupaten Malang, Sumber Sirah mulai menjadi bahan pembicaraan panas para penjelajah wisata alam. Tak heran, lokasi wisata alam yang masih sangat alami ini menyuguhkan kejernihan air yang membuat kamu tak sabar untuk merasakan kesegarannya.

sumber sira malang
© instagram.com/diditprasetiaadi/instagram.com/diditprasetiaadi

Sejarah penamaan Sumber Sira

Penamaan Sumber Sira ternyata berasal dari nama pasangan suami-istri yang diyakini sebagai orang yang pertama kali menemukan sumber mata air tersebut. Pasangan tersebut oleh orang-orang disekitarnya dikenal dengan nama Mbah Sira dan Bu Sira. Karena pasangan ini merupakan orang yang pertama kali menemukan, maka lokasi sumber mata air ini dinamakan dengan Sumber Sira.

Gambaran Lokasi Wisata
Seperti rumor yang terdengar, Sumber Sira memang memiliki air yang sangat jernih. Saking jernihnya, kamu bahkan bisa melihat dasar air dengan jelas. Dasar air dipenuhi dengan tanaman sejenis ganggang berwarna hijau yang semakin menambah pesona sumber mata air ini.

Ini yang membuat sebagian pengunjungnya tak melewatkan waktu untuk ber-snorkling ria menikmati dasar air yang indah. Hanya saja, kamu harus sedikit berhati-hati saat menyelam dalam kesegaran airnya. Pasalnya, tanaman sejenis ganggang di dasar air sangat mudah patah.

Tak hanya itu, karena dasar air terdiri dari pasir, maka saat kamu menyentuhnya pasir akan dengan mudah membuat air menjadi keruh. Suasana di sekitar lokasi yang dikelilingi pohon rindang dan sawah menambah suasana alam yang

Fasilitas yang Tersedia
Salah satu kekurangan Sumber Sira adalah kurangnya fasilitas yang memadai. Kamu akan sedikit kesulitan menemukan fasilitas umum seperti toilet, maupun tempat untuk berganti pakaian.

Ini tak lepas dari Sumber Sira yang hingga kini memang masih dijadikan sebagai sumber pengairan dan tempat mandi warga sekitar. Meskipun begitu, kamu masih bisa menemukan beberapa orang pedagang makanan dan minuman,serta persewaan ban untuk berenang.

Tiket hanya Seribu Rupiah
Nah, selain lokasi sumber mata air yang jernih dan alami, kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya biaya besar untuk menikmati keindahan Sumber Sira. Pasalnya, harga tiket masuk Sumber Sira hanya Rp 1000, saja. Bagi kamu yang ingin menyewa ban, kamu hanya perlu membayar Rp 2000 - Rp 3000 saja.

Rute Perjalanan
Jika berangkat dari arah Kota Malang, kamu bisa mengambil arah menuju Bululawang. Setelah itu, ambil arah jlan lurus menuju pabrik gula krebet hingga kamu bertemu dengan pabrik pioneer.

Setelah itu kamu bisa belok ke sebelah kanan jalan, dan kamu akan bertemu dengan pertigaan pertama, ambil jalan lurus. Setelah itu, kamu akan bertemu dengan pertigaan kedua, ambil jalan belok kanan hingga memasuki sebuah gerbang kecil.

Setelah memasuki gerbang menuju gang kecil kamu bisa berjalan lurus hingga bertemu dengan jalan yang menyempit, tanpa aspal. Nah, akhirnya kamu akan bertemu dengan sumber mata air yang dinamakan Sumber Sira.

Buat kamu yang ingin melihat cuplikan kejernihan Sumber Sira, Tim Amazing Malang akan memberikannya khusus buat kamu. Saksikan videonya, ya!

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Wisata Alam
  2. Wisata Murah
  3. Zona Turis
  4. Sumber Air
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA