1. MALANG
  2. KULINER

Ketan Bubuk Kudusan, tersohor sejak era 1970-an

Ketan Bubuk Kudusan merupakan salah satu penjual ketan yang cukup legendaris di Malang dengan resep warisan sejak tahun 1970-an.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 30 September 2016 19:06

Merdeka.com, Malang - Makanan berbahan ketan baik dalam bentuk apapun merupakan salah satu jajanan tradisional paling favorit. Baik dalam bentuk lemper, lupis ataupun yang lebih sederhana seperti ketan bubuk, makanan berbahan dasar ketan merupakan salah satu khasanah kuliner tradisional yang banyak dicari. Di wilayah Malang sendiri, terdapat beberapa tempat yang tersebar di berbagai sudut dengan bekal kelezatan dan nama besar mereka.

Untuk menikmati olahan ketan yang legendaris, tidak harus pergi jauh-jauh ke Batu, kota Malang sendiri memiliki penjual ketan yang sudah terkenal sejak tahun 70-an. Adalah Ketan Bubuk Kudusan, salah satu kuliner tradisional yang mampu tetap bertahan dari dekade 70-an hingga puluhan tahun kini.

Seperti namanya, ketan ini dijual di wilayah kudusan yang berada tepat di depan pasar besar. Namun terdapat penjual ketan ini yang juga berjualan di tempat lain yaitu di pojok antara jalan Pahlawan Trip dan Ijen. Tempat berjualannya sendiri cukup sederhana, di Kudusan bisanya penjual menggunakan gerobak sedangkan di wilayah jalan ijen penjual menggunakan sepeda motor.

Sesuai namanya, menu utama adalah ketan bubuk yang terdiri dari ketan dengan taburan kelapa dan bubuk kedelai. Tingkat kematangan ketan yang sempurna berpadu dengan rasa gurih yang dimunculkan oleh parutan kelapa dan bubuk kedelai menjadikan rasa dari ketan kudusan ini begitu lezat dan menyatu di dalam mulut.

Rasa lezat yang hadir di ketan bubuk kudusan ini berakar pada resep yang diturunkan secara turun temurun. Selain itu metode yang digunakan juga tidak berubah sejak Ketan Bubuk Kudusan ini pertama kalu dibuka.

Walaupun mengandalkan sejarah dan resep turunan, bukan berarti Ketan Bubuk Kudusan ini tidak mengikuti jaman. Mereka juga menghadirkan berbagai jenis topping bagi ketan yang cukup beragam seperti keju dan meises layaknya penjual ketan lain yang sedang populer.

Ketan Bubuk Kudusan dapat ditemui di jalan Zainal Abidin atau Kudusan serta di antara jalan Pahlawan Trip dan jalan Ijen. Penjual ketan ini dapat ditemui mulai pagi hari hingga sore hari dan sangat cocok dinikmati di berbagai suasana.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Makanan Khas Malang
  2. Kuliner
  3. Kuliner Kaki Lima
  4. Makanan Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA