1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Soekarwo dan Sutiaji raih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2018

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 01 September 2018 08:13

Merdeka.com, Malang - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018. Penghargaan disampaikan Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Soemarsono dalam proses malam penganugerahan di Pantai Losari Makassar, Kamis (30/8) malam.

"Penghargaan ini terwujud karena partisipasi masyarakat dan dukungan semua elemen yang ada di kota Malang," kata Sutiaji dalam rilis yang diterima Jumat (31/8).

Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018 diinisiasi oleh Koran Sindo dengan disupport MNC Group. Hasil penjurian menempatkan 4 Gubernur, 12 Walikota dan 19 Bupati sebagai Kepala Daerah kategori inovatif. Di Jawa Timur, KDI diberikan kepada Gubernur Soekarwo dan Walikota Malang (Plt) Sutiaji.

Kata Sutiaji, Kota Malang berkomitmen mewujudkan kualitas layanan yang baik dan terukur. Lebih penting lagi, menguatkan kondusifitas daerah, seiring menggerakkan simpul-simpul ekonomi kreatif menjadi kekuatan untuk meningkatkan daya saing serta potensi investasi.

Pola mendengar dan menyapa secara langsung menjadi kekuatan bagi Walikota Malang terpilih masa bhakti 2018-2023 dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

Dirjen Otoda, Soni Soemarsono menegaskan bahwa kepala daerah mendapat perlindungan hukum dalam menjalankan program inovatif. Karena itu, kepada Kepala Daerah harus juga berani dalam berinovasi.

"Perlu saya nyatakan, karena bertindak inovatif itu kadang dilakukan dengan pemikiran serta tindakan yang tidak biasa dan di luar rutinitas. Faktanya banyak yang nggak berani bergerak karena khawatir serta takut dikriminalisasi," ujar Soni Soemarsono.

Ditegaskan, kegagalan sebuah proyek inovasi bukan sebuah kerugian bagi negara. Karenanya Pemerintah telah mengeluarkan PP 38/2017, yang memberikan perlindungan kepada kepala daerah untuk berinovasi.
"Jadi rekan rekan Kepala Daerah jangan gamang, bekerja tidak biasa akan mendorong akselarasi kemajuan," imbuhnya.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif digagas dan diselenggarakan sejak 2014. Diharapkan menjadi agenda tahunan, agar muncul secara masive gerakan inovatif dari daerah-daerah.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Ngalam Kipa
  2. Sutiaji
  3. Kota Malang
  4. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA