1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Rendra sampaikan tentang tiga pilar yang dukung pembangunan nasional

Renda sampaikan materi sinergi tiga pilar dalam mewujudkan pembangunan nasional dalam Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0818.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 14 Desember 2016 19:37

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang, H. Rendra Kresna hadir dalam pembukaan Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0818/Kabupaten Malang dan Kota Batu tahun 2016, di Aula Soedali PT Pindad (Persero) Turen, Selasa (13/12) siang. Bung Rendra -sapaan akrab Bupati Malang- memberikan materi tentang sinergi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bersama Polri dan TNI kepada para peserta yang hadir.

Bung Rendra menyampaikan, ketiga pilar tersebut selama ini berjalan beriringan, dan saling mendukung dalam upaya mewujudkan pembangunan nasional. Bung Rendra pun memberikan sejumlah contoh fakta, terkait aksi kerjasama di lapangan beserta hasilnya. Salah satunya, Pemkab Malang bersama TNI memantau dan mengawasi distribusi pupuk subsidi di 33 kecamatan se Kabupaten Malang. 

"Di bidang pertanian misalnya, dengan kerjasama yang bagus dalam pembinaan dan penyuluhan ke petani dicapai hasil yang bagus tahun ini, dibanding tahun 2015," jelas Bung Rendra.

Bung Rendra menambahkan, hasil beras setiap tahun mengalami surplus. Tahun 2016 ini target 460 ton, namun hingga november telah mencapai 510 ton. Hal serupa juga terjadi untuk jenis tanaman lainnya, seperti jagung kedelai dan umbi-umbian.

Hasil tersebut, kata Bung Rendra, kabupaten Malang sudah ikut mampu mendukung ketahanan pangan Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak TNI-Polri terus bersama-sama dalam pembinaan masyarakat. Langkah ini memang bukan hal baru, tetapi dilakukan demi memperkuat dan menyegarkan kembali tentang upaya mendukung pemerintah pusat. Baik dari segi ketahanan, keamanan, ketertiban dan pengetahuan kebangsaan.

"Pemkab Malang mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini, dan mengajak untuk mensinergitas program masing-masing. Tentunya pada konteks membangun negara dalam lingkup wilayah Kabupaten Malang," harap Bung Rendra.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0818. Selain sinergitas tiga pilar, materi yang disampaikan juga terkait penanganan bencana alam oleh BPBD Kabupaten Malang. Tujuannya, agar anggota lebih memahami dan mengerti kondisi di wilayah masing-masing. Sehingga, lebih tanggap terkait aksi yang harus dilakukan saat bencana terjadi.

Dengan demikian, anggota dapat memahami akan tugas pokok dan tanggung jawabnya masing-masing dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun dalam bermasyarakat. Apel tersebut diharapkan sebagai sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas pokok. Sekaligus sebagai wahana komunikasi untuk menyampaikan kebijaksanaan pimpinan dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai Program Kerja tahun 2016.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kabupaten Malang
  2. Rendra Kresna
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA