1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Presiden Jokowi resmikan SMA Negeri Taruna Nala di Malang

Presiden RI Joko Widodo meresmikan SMA Negeri Taruna Nala, di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang pada Sabtu (3/6).

©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 03 Juni 2017 15:06

Merdeka.com, Malang - Hanya berselang seminggu, Presiden RI Joko Widodo kembali melakukan kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur. Agenda Presiden salah satunya meresmikan SMA Negeri Taruna Nala, di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

Sekitar pukul 09.30 WIB, Sabtu (3/6), presiden tiba di lokasi. Sesaat setelah mendengarkan sambutan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Presiden didaulat menyampaikan kata sambutan dan penandatanganan prasasti peresmian.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan tentang bonus demografi yang akan dialami Indonesia pada 2020. Pihaknya menyoroti persiapan untuk para generasi muda untuk persaingan di massa mendatang.

"Tetapi kalau usia produktif tidak disiapkan akan terjadi kontraproduktif, menjadi beban karena tidak disiapkan dalam berkompetisi," kata Jokowi.

Sumber Daya Manusia (SDM), tambahnya, memegang peranan penting bagi bangsa Indonesia. Kelahiran SMA Taruna Nala dalam kaitan untuk menyiapkan generasi yang siap bersaing.

"Saya bangga, di Jawa timur, dimotori Gubernurnya, Kepala Daerah pada pagi ini SMA Negeri Taruna Nala, yang kita harapkan dapat memproduksi SDM yang memiliki keunggulan dalam berkompetisi dengan negara lain," urainya.

Sementara Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan, SMA Nala mengambil semangat Panglima Angkatan Laut masa kerajaan Majapahit, Panglima Nala. SMA Nala merupakan yang pertama berbasis taruna Angkatan Laut.

Berdirinya SMA Nala untuk menyiapkan SDM yang andal. "Tujuan kami membentuk SDM andal dan berahklak mulia lewat pendidikan yang berkualitas," kata Soekarwo.

Usai meresmikan SMA Nala, Presiden melanjutkan kegiatan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada ribuan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kabupaten Malang.

Presiden juga dijadwalkan hadir dalam Kajian Ramadan 1438 Hijriah yang digelar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja di antaranya Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Menteri Pendidikan Nasional Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan sejumlah pejabat lainnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Jokowi
  2. Info Kota
  3. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA