1. MALANG
  2. KABAR MALANG

KH Ma'ruf Amin dikukuhkan sebagai guru besar UIN Maliki

Rais Am PBNU, KH. Ma'ruf Amin, Rabu (24/5) dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ekonomi Muamalat Syariah UIN Maliki Malang.

KH Ma'ruf Amin dikukuhkan sebagai Guru Besar UIN. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 26 Mei 2017 09:55

Merdeka.com, Malang - Rais Am Pengurus Besar Nahdlathul Ulama (PBNU), KH. Ma'ruf Amin, Rabu (24/5) dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ekonomi Muamalat Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.

Acara pengukuhan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Sosial, Khofiffah Indar Parawansa dan Menristek Dikti, Mohammad Nasir hingga Walikota Malang Mochammad Anton dan Wakil Walikota Malang, Sutiaji.

KH Ma'ruf Amin dikukuhkan sebagai Guru Besar UIN
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Prof. Dr. (H.C.) Ma'ruf Amin dalam orasi ilmiahnya mengetengahkan tentang pentingnya ekonomi syariah dalam roda perekonomian nasional. Orasi mengambil judul Solusi Hukum Islam (Makharij Fiqhiyah) Sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia (Kontribusi Fatwa DSN-MUI dalam Peraturan Perundang-undangan RI).

Ma'ruf menjabarkan ekonomi syariah kini tumbuh menjadi sektor yang potensial dalam menciptakan kesejahteraan di Indonesia.

Ekonomi syariah selain pemenuhan kebutuhan spiritualitas bagi umat Islam juga dapat menjawab kebutuhan berekspresi dalam ekonomi.

Meski dalam perintisannya tidak mudah dan tidak murah, menurut Ma'ruf, kini ekonomi syariah sudah memiliki landasan yang kuat baik sisi fatwa aturan hingga infrastruktur.

"Segala kendala dan hambatan terkait ekonomi syariah juga sudah mulai berangsur dikikis dengan baik," kata Ma'ruf Amin.

Pada kesempatan itu, KH. Ma'ruf Amin juga mengurai secara rinci berbagai kaidah fikih berkaitan dengan ekonomi syariah yang dalam perjalanannya memunculkan fatwa sebagai landasan bagi terselenggaranya aspek tersebut.

Lahirnya lembaga keuangan syariah, seperti bank syariah dan sejenisnya, tak lain hadir dari kajian mendalam dari hukum Islam dan dikolaborasikan dengan aturan lembaga terkait, semisal Bank Indonesia.

"Fatwa DSN-MUI yang dirumuskan dengan menggunakan terobosan dan solusi fikih ini menjadi trigger yang menimbulkan efek berantai baik dari sisi aturan perundangan, pembentukan kelembagaan dan akhirnya membentuk arus era baru ekonomi syariah di Indonesia," bebernya.

Usai menyampaikan orasinya, Ma'ruf Amin mendapat ucapan selamat atas pengukuhannya sebagai guru besar dari berbagai kalangan. Presiden Joko Widodo yang hadir dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Ma'ruf Amin.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Moch Anton juga turut mengucapkan selamat kepada Ma'ruf. Walikota yang akrab disapa Abah Anton itu berharap ekonomi syariah bisa menjadi solusi dalam menggerakkan roda ekonomi dalam skala nasional.

"Semoga ilmu yang sudah beliau (Ma'ruf Amin) bermanfaat bagi masyarakat. Saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Malang mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Prof. Dr. (H.C.) Ma'ruf Amin sebagai guru besar UIN Maulana Malik Malang," kata Abah Anton.

 

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Jokowi
  2. Info Kota
  3. Pendidikan
  4. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA