1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Piala Adipura Kencana & Adiwiyata Mandiri diarak di Kota Malang

Wali Kota Malang, Mochammad Anton, mengarak keliling kota memamerkan trofi Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri.

Wali Kota Malang pamer Adipura Kencana. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 04 Agustus 2017 14:04

Merdeka.com, Malang - Wali Kota Malang, Mochammad Anton, mengarak keliling kota memamerkan trofi Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri. Dua penghargaan bidang Lingkungan Hidup tersebut diarak empat kereta kencana dan becak hias menuju ke Balai Kota Malang.

Abah Anton, demikian biasa dipanggil, selain memamerkan Piala Adipura Kencana dan 3 Piala Adiwiyata Mandiri juga menyertakan sejumlah piala yang diraih selama periodenya. Beberapa piala tersebut di antaranya Piala Kota Layak Anak (KLA), Plakat Percepatan Akta Anak dan piagam Kepala Daerah Inovatif.

Puluhan becak hias mengiringi dengan nuansa ikon Kota Malang, seperti City Branding Beautiful Malang, Maskot Osidanji, Malang Go Green, Malang Green School, dan Kampung-Kampung Tematik.

Tidak lupa pasukan kuning, polisi taman, pasukan hijau, pasukan pengawas ketertiban (Wastib), Kader Lingkungan mengiringi kirab. Masyarakat umum juga berjajar di sepanjang rute menuju Balaikota.

Rute kirab dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dari rumah dinas Wali Kota di Jalan Ijen Nomor 2, melewati Jalan Sindoro (Taman Slamet), Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Lingkar Tugu dan finish di Balaikota.

Abah Anton mengatakan, keberhasilan meraih sejumlah prestasi tersebut tidak lepas dari peran serta dan dukungan seluruh komponen masyarakat. Pihaknya meminta seluruh elemen agar terus merekatkan tali persatuan dan menjaga sinergitas demi tercapainya tujuan pembangunan.

"Terima kasih atas partisipasi dan kerjasama semua elemen sehingga Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri bisa diraih," kata Abah Anton, Kamis (4/8).

Kota Malang, katanya, sudah banyak mengalami perubahan signifikan baik infrastruktur, sumber daya manusia hingga mentalitas masyarakatnya. Terbukti dengan hadirnya berbagai kampung tematik yang merupakan hasil inisiatif dan inovasi warga.

Abah meminta segenap jajaran untuk menjadikan prestasi tersebut sebagai pelecut semangat untuk berinovasi demi tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Lewat kirab kali ini dapat semakin memotivasi masyarakat agar terus meningkatkan kepeduliannya kepada lingkungan, agar masyarakat juga dapat berbangga hati atas piala Adipura Kencana dan prestasi lainnya," tambahnya.

Usai dikirab, piala tersebut diserahkan kepada Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono. Khusus Adipura Kencana disemayamkan sesaat di Balaikota dan sempat menjadi rebutan untuk berswafoto.

Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono menegaskan, penghargaan Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri menjadi kebanggaan masyarakat. Prestasi tersebut menjadi salah satu ukuran kerja keras pemerintah dan masyarakat Kota Malang.

"Ini menunjukkan jika Pemkot Malang sudah bekerja dengan maksimal dan hal itu juga tidak lepas dari dukungan masyarakat," kata Arief.

Kota Malang meraih Adipura Kencana, Adiwiyata Mandiri, Kota Layak Anak (KLA), serta Kepala Daerah Inovatif (KDI). Adiwiyata Mandiri diserahterimakan kepada SMPN 15, SMAN 2 dan SMAN 7.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Ngalam Kipa
  3. Kota Malang
  4. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA