1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Perhatikan lansia, Pemkot Malang gagas program Ibu Asuh Lansia

Perhatikan kesehatan masyarakat lanjut usia, Pemkot Malang gagas program Ibu Asuh Lansia.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 27 Juli 2017 15:17

Merdeka.com, Malang - Kesehatan masyarakat lanjut usia (lansia) nampaknya tak luput dari perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Lahirnya Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia menjadi payung hukum untuk memberi pelayanan terbaik bagi kesejahteraan lansia. Saat ini, Pemkot Malang tengah menggagas sebuah program anyar bertajuk 'Ibu Asuh Lansia'.

Ketua Forum Karang Werdha, Sulastri menyampaikan, Ibu Asuh Lansia merupakan sebuah program yang digagas pihaknya bersama Ketua Komda Lansia Kota Malang, Sutiaji. "Program ini, nantinya setiap sepuluh lansia memiliki satu ibu asuh yang benar-benar memperhatikan para lansia," ujar Sulastri.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang sekaligus Ketua Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia Kota Malang, Sutiaji berpesan agar para lansia tetap menjaga kesehatan dengan baik di usia senja. Hal itu disampaikannya pada saat acara ‘Pembinaan Karang Werdha Dalam Rangka Lomba Karang Werdha Berprestasi’ yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Sukun Kota Malang, Selasa (25/7).

Sutiaji mengatakan, ada dua cara bagi para lansia agar bisa terhindar dari penyakit, yakni menjaga pola makan dan pola pikir. "Apalagi bagi bapak dan ibu, di usia senja harus bisa menjaga pikiran, karena hal itu sangat penting bagi kesehatan kita," tutur Sutiaji.

Ia berharap para lansia bisa hidup dengan sehat dan mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai melalui berbagai program yang sudah diberikan Forum Karang Werdha.

"Saya atas nama Ketua Komda Lansia berharap para lansia di Kota Malang bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas, dan hal itu terus kita upayakan," ujarnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Sutiaji
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA