1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pendaftaran kurang sepekan, Pilwali Kota Malang masih 'adem ayem'

Sepekan jelang pendaftaran bakal calon wali kota (Bacawali) Malang, masih belum ada satu pasangan pun yang melakukan deklarasi.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 04 Januari 2018 10:32

Merdeka.com, Malang - Sepekan jelang pendaftaran bakal calon wali kota (Bacawali) Malang, masih belum ada satu pasangan pun yang melakukan deklarasi. Dilansir dari Antara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menyatakan bahwa gaung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang masih sepi.

"Hingga saat ini masih belum ada satu pun Bacawali-Bacawawali yang melakukan deklarasi terkait pencalonan secara resmi, bahkan siapa-siapa yang bakal maju juga belum terlihat jelas (nyata)," kata Ketua KPU Kota Malang Zaenuddin.

Walau demikian, Zaenuddin menjelaskan bahwa pihaknya harus tetap mempersiapkan dengan matang segala hal. Termasuk sosialisasi pendaftaran calon kepala daerah yang dilakukan secara terus menerus, baik kepada partai politik maupun pemangku kebijakan

Salam sosialisasi tersebut, pihaknya akan menyampaikan tentang tahapan pendaftaran calon kepada publik melalui media sosial maupun media massa. Pada pekan ini, KPU juga akan mengundang parpol lagi untuk sosialisasi terkait proses, prosedur dan tata cara pencalonan, termasuk pendaftaran calon.

Pendaftaran calon untuk Pilwali 2018 akan dibuka selama tiga hari, mulai 8 Januari hingga 10 Januari 2018, khusus untuk hari terakhir pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Pada Pilkada 2018 ini, Zaenuddin mengatakan ada perbedaan cukup signifikan jika dibandingkan dengan Pilkada 2013. Perbedaan ini adalah harus ada surat rekomendasi dari DPP serta pasangan calon hanya bisa diusung oleh Parpol yang memiliki kursi di gedung dewan.

Selain itu, isi surat rekomendasi tersebut harus menuliskan secara sama nama calon yang diusung.

"Perbedaan ini sangat signifikan, sehingga verifikasi berkasnya lebih detail dan benar-benar memegang unsur kehati-hatian," tuturnya.

Setelah masa pendaftaran, KPU bakal melakukan verifikasi berkas dan verifikasi faktual. Hanya saja, hingga saat ini belum ada pasangan yang mendeklarasikan diri secara resmi bakal maju dalam perhelatan Pilkada Kota Malang Juni mendatang.

"Namun, kami yakin dalam waktu dekat ini pasti ada deklarasi pasangan bacawali-bacawawali Kota Malang yang akan maju dalam Pilkada daerah ini Juni nanti, sebab pekan depan sudah masuk tahapan pendaftaran calon," ucapnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Kota Malang
  3. Pilwali 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA