1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kabupaten Malang coba kenalkan kuliner daerah lewat lomba 'Cipta Menu'

Lewat lomba 'Cipta Menu', kabupaten Malang ingin kenalkan kekayaan rempah Indonesia melalui kuliner daerah.

Lomba Cipta Menu di Kabupaten Malang. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 17 Mei 2017 19:23

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang, Rendra Kresna, menyampaikan bahwa beragamnya rempah-rempah di Indonesia menjadi peluang untuk menciptakan olahan makanan yang dapat dikenal dunia. Salah satunya melalui makanan daerah, khususnya di kabupaten Malang.

Rendra mencontohkan Nasi Sredek dari kecamatan Wajak, kabupaten Malang. Nasi Sredek, kata Rendra, merupakan makanan yang terbuat dari singkong parut. Nasi ini kemudian disandingkan dengan urap-urap dari daun pete cina, dan klingking dari rotan muda.

Hal ini disampaikan Rendra saat menghadiri acara Lomba Cipta Menu 2017 di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Rabu (17/5). Istimewanya, kegiatan ini diikuti oleh seluruh wilayah di Malang Raya, yakni kabupaten Malang, kota Malang, dan kota Batu.

"Seharusnya menu yang disajikan dalam lomba cipta menu seperti ini, adalah olahan makanan khas desa masing-masing. Karena bisa mengangkat nama daerah. Jadi bisa dimanfaatkan sebagai promosi kuliner di tiap daerahnya," ujar Rendra.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Lomba menjelaskan, kegiatan lomba ini digelar dengan tujuan untuk memberikan variasi makanan pokok. Tak melulu dari beras, namun asupan karbohidrat dapat diperoleh dari ubi-ubian.

"Karena dari sisi kesehatan makanan yang bervariasi bisa membuat badan menjadi sehat," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kabupaten Malang
  2. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA